Bukber Ramadhan 1438 H

bukber2nshot_76bukber4medbukber3amedKORANBOGOR.com,JAKARTA-Idul fitri merupakan hari kemenangan umat islam diseluruh dunia setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh lamanya. Banyak kegiatan yang dilakukan umat islam untuk menambah ketakwaannya. Namun ada kegiatan yang menjadi tradisi wajib di bulan ramadhan, yaitu bukber.

Apa sih bukber? Bukber singkat dari Buka Bersama. Kegiatan ini biasanya jadi ajang temu kangen teman, silahturahmi sekaligus reuni sekolah. Namun ada juga yang memanfaatkan hadir dalam bukber untuk mencari pendamping hidup.

Biasanya bukber menjadi tradisi anak muda, namun semakin berkembangnya zaman orang tua tidak mau kalah dengan anaknya. Saat anak bukber orang tua ikut nongkrong bersama teman lamanya.

Dalam satu bulan biasanya hadir bukber dibeberapa tempat dengan teman yang berbeda.

Makanan yang menjadi langganan pada saat bukber yaitu ayam. Mungkin karena makanan ini mudah ditemukan dimana saja dan harganya yang terjangkau menjadi sasaran utama masyarakat pada saat bukber di restoran atau rumahan.

Biaya sekali bukber biasanya dipatok 35-45 ribu. Namun tergantung dengan menu makanan yang dipilih.

Berkumpul di tempat yang sudah ditentukan mulai pukul 04:30, dimaksudkan sambil menunggu azan maghrib saling bercerita satu sama lain dan kembali kerumah masing-masing sekitar pukul 20:00 WIB.

Banyak hal positif yang kita dapat saat bukber. Tapi tahu kah anda bukber juga dapat menjadi hal negatif yang sering terjadi. Seperti pada saat kita sibuk berbincang dengan teman kita lupa akan kewajiban “sholat”.

Pasti banyak dari kita yang lupa akan kewajiban itu saat bertemu teman. Diperbudak handphone, berfoto dan menunda menjadi faktor kuat dalam meninggalkan sholat saat jam waktu sholat.

Dengan adanya hal positif dan negatif kita dapat mengambil hikmah di bulan Ramadhan terutama pada saat buka bersama. (Red/Ds)

Share this Post :