Kedai Sutarman: Mencicipi Berbagai Olahan Punju Seafood

sfd43nshot_79KORANBOGOR.com,SURAKARTA-Mencicipi olahan seafood khususnya kepiting yang dihidangkan pada umumnya merupakan hal biasa. Namun berbeda dengan kedai yang satu ini, Kedai Sutarman namanya.

Kedai ini diusung oleh Mahendra Agung Saputra untuk hadir di jajaran kuliner Solo dengan mengangkat hidangan khas kukusan.  Berada di Komplek Ruko Muara, Jalan Lumban Tobing No. 25 Pasar Legi, Setabelan, Surakarta dan Jalan Kenanga No. 33 Laweyan, Surakarta, nama ‘Sutarman’ berasal dari nama almarhum kakek sang pemilik yakni Maruto Sutarman.

“Kenapa namanya Sutarman karena gak pede dengan nama sendiri. Selain itu, Mbah (kakek) Sutarman salah satu orang yang memberikan pengalaman khususnya berdagang kepada anak dan cucu, makanya saya mengambil nama Sutarman untuk kedai ini”, ucapnya saat ditemui di Kedai Sutarman Laweyan, Surakarta, Kamis (10/8).

Kedai yang berdiri pada tanggal 17 November 2016 ini mengusung hidangan seafood berupa punju kepiting, punju udang, punju cumi, punju ayam dan nasi bakar tuna pete, ati ampela, cumi hitam saus jamur, teri, dan juga kukusan sayur sebagai hidangan yang sangat direkomendasikan untuk pengunjung.

“Waktu awal kedai ini berdiri tidak murni seafood. Cuma, setelah melihat kondisi di Solo sendiri yang jual seafood sedikit dan program-program dari Pemerintah pusat lagi kenceng-kencengnya ngomongin makan ikan, lha itu kenapa kok gak seafood aja”, jelas pemuda berusia 27 tahun itu.

Selain hidangannya yang khas, kedai ini juga menawarkan konsepnya yang “homie” dengan mengangkat open kitchen seperti konsep dapur pada rumah.

Artinya, setiap hidangan yang dipesan dapat dilihat proses pembuatannya, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang apa saja hidangan yang nantinya akan disantap. Namun, konsep “homie” hanya dapat Anda temukan di Kedai Sutarman di Komplek Ruko Muara saja.

Model hidangan kukusan dengan menggunakan daun pisang inilah yang membuat makanan di Kedai Sutarman memiliki ciri khas. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.500 – Rp 48.000, Anda dapat menikmati berbagai sajian punju seafood di kedai ini.

(Red/Anggita Primatiwi,Undip)

Share this Post :