OPD Diminta Turun Langsung Lakukan Pembinaan Evaluasi LSS Tingkat Jabar

opd34nshot_79opd5eenshot_79KORANBOGOR.com,BOGOR-Tiga sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjadi juara satu di Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kota kini dipersiapkan untuk maju ke Tingkat Wilayah I Jawa Barat (Jabar). Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan LSS pun digelar Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kamis (10/08/2017) di ruang Paseban Surawisesa, Balaikota Bogor.

“Juara satu di masing-masing tingkat ada TK Akbar, SD Insan Kamil dan SMP Negeri 6 Kota Bogor,” ujarnya.

Ade mengatakan, ketiga sekolah tersebut akan mengikuti lomba LSS tingkat wilayah I Jawa Barat pada September mendatang yang artinya diperlukan evaluasi perbaikan. Pasalnya, dari hasil evaluasi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang berasal dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait masih menemukan beberapa kekurangan dari sekolah-sekolah tersebut.

“Ada yang masih memiliki kandang ayam, ada yang sanitasinya masih kurang, belum adanya pemanfaatan dari sisa air wudhu dan pemahaman kesehatan dari para siswanya,” terangnya.

Catatan-catatan tersebut, lanjut Ade, harus segera diselesaikan Tim Pembina UKS dengan turun langsung ke sekolah-sekolah bersangkutan. Ia menginginkan, Tim Pembina UKS yang berasal dari Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan (Dishub), Tim Penggerak PKK dan lainnya dapat menjalankan peran dan fungsinya.

“LSS ini bukan hanya tanggung jawab sekolah saja tapi juga tanggung jawab dari Tim Pembina karena idealnya Pemkotlah yang memfasilitasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesiswaan SMP Disdik Kota Bogor Teddy Kusnadi  mengatakan, penilaian dari LSS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, lingkungan sekolah sehat serta administrasi di sekretariat TP UKS Kota Bogor. Sejauh ini Kota Bogor sudah pernah menjuarai LSS Tingkat Nasional ataupun provinsi. Sebut saja SD Pertiwi yang menjadi juara 1 Nasional pada 2012 silam dan SMP Negeri 6 Menjadi Juara 2 Jawa Barat 2016 lalu.

“Tahun ini kami akan menyiapkan sekolah sesuatu kriteria lomba dengan maksimal serta semakin menggenjot keterlibatan OPD di sekolah agar wujud. Harapannya Kota Bogor bisa menang di LSS serta UKS/UKM di sekolah Kota Bogor berjalan sesuai dengan Trias UKS,” pungkasnya. (fla/ismet) SZ

Share this Post :