Tanpa Ketua,Pembahasan APBD P Kota Malang Tetap Bisa Berjalan

dfenshot_79KORANBOGOR.com,MALANG-Pembahasan APBD Perubahan 2017 tidak akan masalah, dan tetap bisa berjalan, meskipun tanpa ada ketua dewan.

Para wakil pimpinan inilah nanti yang akan memimpin rapat pembahasan anggaran, jika ada sidang paripurna. Hal ini kemarin ditegaskan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Malang Rahayu Sugiharti.

Rahayu Sugiharti mengatakan, tidak ada persoalan dalam pembahasan anggaran ini, setelah pihaknya melakukan konsultasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Hasil dari konsultasi yang dilakukan ada dua point. Pertama tugas ketua DPRD akan dihandle oleh wakil ketua. Dan kedua, pembahasan APBD dipimpin oleh Wakil Ketua secara bergantian.

”Jika anggaran itu disahkan, yang bertanda tangan kami bertiga. Ini hasil dari kami konsultasi kemarin,’’ katanya.
Rahayu menyebutkan, jika kosongnya jabatan DPRD Kota Malang, maka pekerjaan wakil ketua pun menganut sistem kolektif kolegial. Dengan sistem ini, maka ketiganya akan bergantian menjalankan tugas ketua dewan.

”Untuk kegiatan menghadiri undangan kami bertiga datang bergantian. Nach kalau rapat, kami bertiga juga gantian memimpin,’’ tambahnya.
Politisi Partai Golkar ini sendiri mengaku, meski mendapatkan tugas tambahan, yaitu menghandle kegiatan ketua dewan pihaknya tidak akan merasa berat. Dia juga akan dengan senang hati mengerjakan semuanya.
”Harapannya semuanya dapat berjalan dengan baik, tidak ada kendala apapun,’’ ucapnya.

Rahayu juga menjelaskan, konsultasi dilakukan ke Pemerintahan Provinsi Jawa Timur seiring dengan mundurnya Arief sebagai Ketua Dewan. Konsultasi dilakukan, agar tidak ada kesalahan. Terlebih menurut Rahayu saat ini sedang ada pembahasan APBD Perubahan 2017.

”Kami lega juga dengan hasil konsultasi kemarin, yang menyebutkan tidak akan ada kendala dalam hal pembahasan anggaran. Semuanya bisa tetap berjalan, meskipun tidak ada ketua,’’ urai Rahayu sembari menyebutkan konsultasi kemarin dilakukan di Biro Pemerintahan Pemprov Jatim, dan ditemui langsung oleh Kepala Biro.

Ditanya dengan persoalan yang menimpa rekannya, Rahayu memilih tidak menjawab. ”Wah kalau itu saya tidak komentar,’’ tandasnya .(Red)

Share this Post :