Unik,Kuliner Dari Banyuwangi Rujak Soto

rjk12nshot_79KORANBOGOR.com-BANYUWANGI-Orang Banyuwangi agaknya suka menggabungkan 2 makanan sekaligus, seperti Pecel Rawon dan Buntut Rawon. Nah, ada juga wisata kuliner Rujak Soto yang merupakan campuran pecel dengan soto kuning. Penasaran?

Jangan identikkan kata ‘rujak’ dengan potongan buah yang dicocol bumbu gula merah. Rujak bisa jadi campuran berbagai makanan, asin maupun manis, yang bahkan bisa ‘dikawinkan’ dengan makanan lain seperti soto.
Inilah Rujak Soto, kuliner khas sekaligus makanan wajib incaran wisatawan di Banyuwangi.

Rujak Soto bisa ditemukan di banyak tempat, salah satu yang paling terkenal adalah kedai Losari. Kedai mungil ini berada di Jalan Losari, Banyuwangi, Jawa Timur. Letaknya sangat dekat dengan Pendopo Sabha Swagata, yang merupakan kediaman Bupati Banyuwangi.

Kedai ini menjual Rujak Soto, Rujak Cingur, Rujak Kecut, dan aneka minuman segar seperti Es Dawet dan Es Temulawak. detikTravel pun akhir pekan lalu memesan Rujak Soto yang dari namanya saja, bikin penasaran.

Mangkuk disiapkan. Lontong dipotong-potong, diberi irisan timun, tempe goreng, lalu sayuran pecel yang terdiri dari kangkung, daun turi, kacang panjang, dan kecambah. Semuanya disiram bumbu kacang yang agak kental. Ditaburi bawang goreng, juga seledri.

Tak sampai di situ, makanan mirip pecel itu kemudian disiram kuah soto kuning lengkap dengan jeroan. Ada usus, babat, juga kikil. Ditambah kecap manis, emping, juga kerupuk udang. Semangkuk Rujak Soto pun terhidang depan mata.

Perpaduan antara bumbu kacang dan kuah soto menghasilkan sensasi rasa yang unik, gurih dan bertekstur. Sangat nikmat, apalagi setelahnya menyeruput Es Temulawak yang segar.

Semangkuk Rujak Soto nan mengenyangkan ini harganya tak mahal, hanya Rp 10.000! Tak heran, Kedai Losari selalu menjadi tempat incaran turis untuk mencicipi Rujak Soto. (Red/Kuliner)

Share this Post :