Deja Vu

KORANBOGOR.com-Ada yang kenal istilah Deja vu?

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami hal ini, namun asing dengan sebutan Deja vu.

Mari kita mengenal istilah Deja vu.

Pernahkah Anda mengalami suatu keadaan yang pada saat itu terpikirkan di benak Anda bahwa Anda sudah pernah mengalaminya? Bila disambungkan kondisi beberapa detik sebelumnya dengan beberapa detik setelahnya, benar-benar sama dan Anda yakin bahwa “Saya pernah mengalami hal ini sebelumnya”.

Terkadang, orang yang belum mengenal istilah Deja Vu tapi pernah mengalaminya, ia menceritakan kepada orang lain,

“Kok saya seperti pernah mengalami hal ini sebelumnya? Tapi tidak tahu kapan,'”

Lalu orang yang diceritakannya itu menjawab “Itu adalah Deja vu,”.

Mulai saat itu orang yang mengalami Deja vu mulai mencari tahu lebih dalam dan penasaran ternyata apa yang dirasakannya itu yang sebelumnya mungkin ia berpikir hanya khayalan belaka, namun ternyata benar adanya istilah akan hal itu.

Diketahui dari sumber:

http://googleweblight.com/?lite_url=http://sainspop.blogspot.com/2010/04/apa-itu-deja-vu.html?m%3D1&ei=q5e8BkSu&lc=en-ID&s=1&m=572&host=www.google.co.id&ts=1505702914&sig=ANTY_L3JrmP8lV1Nqba6KC_s6OV2sPTUnA

Bahwa,

Deja vu merupakan peristiwa di mana seseorang merasa yakin telah mengalami situasi baru sebelumnya. Selama mengalami sebuah situasi baru, seseorang merasakan suatu kesamaan dengan sesuatu yang dialami di masa lalu.

Seseorang merasa telah melalui hal yang sama baru saja terjadi di masa lalu atau telah melihat hal itu dalam mimpinya. Istilah Deja vu ini pertama kali diperkenalkan oleh Emile Boirac yang merupakan seorang peneliti di bidang psikologi berkebangsaan Perancis.

Kebanyakan mereka yang mengalami Deja vu mengklaim telah melihat sesatu dalam mimpi mereka atau sangat yakin telah melihat itu beberapa waktu yang lalu.

Tidak semua orang percaya bahwa semua bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Beberapa teori terkait dengan Deja vu pada kemampuan fisik tertentu yang dimiliki manusia, di lain pihak, orang lain mengatakan bahwa perasaan Deja vu merupakan hasil dari kehidupan lain di masa lalu. Memang benar, Deja vu memiliki sifat-sifat misterius.

(Red/Nama: Nyimas Ayu Triana Yustri / Kampus: Politeknik Negeri Jakarta.)

Share this Post :