Malam Tahun Baru Dirlantas Polda Metro Jaya Resmi Tutup Jalan Sudirman-Thamrin Dan BKT,Juga Penyekatan 11 Titik Perbatasan Jakarta

Hukum Nusantara

KORANBOGOR,com,JAKARTA-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya resmi akan menutup Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur (BKT) terkait pelaksanaan Car Free Night dan Crowd Free Night untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di malam Tahun baru 2021.

Penutupan jalan tersebut akan berlangsung, pada Kamis (31/12/2020) besok mulai Pukul: 20.00 WIB hingga Pukul:03.00 WIB pagi.

Di jalur tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan hingga pejalan kaki karena akan berpotensi keramaian.

“Jadi ruas jalan ini tidak boleh dimasuki kendaraan, roda empat, sepeda motor, sepeda, pejalan kaki, dan sebagainya. Jadi betul-betul kita akan laksanakan sterilisasi di Jalan Sudirman-Thamrin dan di BKT,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodi Purnomo Yogo, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (30/12/2020).

Sambodo menjelaskan, hanya kendaraan ambulans dan para petugas kesehatan yang bisa masuk melintasi ruas jalan tersebut. Di titik-titik penutupan jalan ini akan ditempatkan petugas berjaga.

“Jadi yang bisa melintasi ruas jalan ini Ambulance, Pemadam Kebakaran dan petugas kesehatan dan ini sudah berlangsung setiap ada penutupan jalan,” kata Sambodo.

Sementara itu, titik lainnya yang biasa dijadikan tempat kerumunan perayaan tahun baru juga akan diawasi secara ketat oleh aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP. 

“Petugas gabungan akan patroli jika menemukan ada kerumunan akan dibubarkan dan menjalani pemeriksaan Rapid Antigen. Karena semua tempat hiburan Ancol, Kota Tua, dan Taman Mini besok akan tutup semua,” ujarnya.

Menurut Sambodo ada 11 titik penyekatan yang dilakukan personil gabungan ini di lokasi perbatasan dengan Jakarta, mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

 Di  sini polisi akan menyaring konvoi masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

“Jika nanti menemukan kendaraan konvoi akan kami putar balik kendaraannya kembali, tidak boleh masuk Jakarta,” ucapnya.

Titik lokasi penyekatan akan dilakukan di perbatasan Jakbar-Tangerang: Jalan Ring Road Tegal Alur, Joglo, Kalideser, Kembangan dan Batu Ceper. Kemudian perbatasan Jaksel-Tangerang: Di perempatan Pasar Jumat, perbatasan Jaksel-Ciledug.

Selanjutnya perbatasan Jaksel-Depok: Lenteng Agung, Perbatasan Jaktim-Depok di Jalan Raya Bogor dan perbatasan Jakarta-Bekasi di Jalan Kalimalang dan Jalan Harapan Indah