Belajar Secara Virtual di Masa Pandemi

Bogor Now Kampus Kita

Oleh: Peny Amanda Raharja asal Yogyakarta, mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta,

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Belajar Secara Virtual di Masa Pandemipandemi covid-19 membawa dampak besar bagi beberapa sektor, termasuk sektor pendidikan.

Para pelaku pendidikan diharuskan melakukan penyesuaian-penyesuaian berkaitan dengan protokol yang ada, terutama dalam pelaksanaan pembelajaran.

Pembelajaran yang semula dapat dilaksanakan dengan tatap muka kini diganti dengan pembelajaran secara virtual. Meskipun demikian tenaga pendidik tetap harus memastikan kegiatan belajar mengajar dirumah tetap berjalan sebagai mana mestinya. 

Kelas virtual merupakan salah satu solusi untuk saat ini. Guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa, hanya saja dilakukan di tempat yang berbeda.

Proses pembelajaran yang berlangsung dirumah pun membutuhkan pengawasan langsung dari orang tua. 

Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan materi pembelajaran yang dianjurkan pemerintah sebelum menyampaikannya kepada siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan materi pembelajaran dapat diterima.

Inovasi-inovasi yang dilakukan guru diharapkan agar dapat meminimalisir kendala dan kesenjangan yang terjadi akibat belum terlaksananya pembelajaran tatap muka. 

Dorongan yang diberikan kepada siswa oleh orang tua dan guru akan lebih membantu dalam berlangsungnya proses belajar yang di lakukan secara virtual. Dengan adanya dorongan dari orang tua dan guru siswa akan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan kelas virtual.