PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,PURWOREJO-Penerapan model pembelajaran ninkuiri di sekolah dasar menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri di sekolah dasar dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat mengembangkan karakter siswa, seperti karakter kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif.

Masalah utama dalam pembelajaran IPA pada pendidikan saat ini adalah rendahnya daya serap peserta didik. Hal tersebut karena kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional.

Sehingga pembelajaran pada saat ini diharapkan setiap sekolah mencapai hasil belajar yang tinggi dan mencapai ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan tersebut dapat dilihat dari skor hasil belajar yang diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran.
Pembelajaran IPA berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar, sehingga IPA juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk membentuk siswa menjadi manusia yang peduli terhadap lingkungan.

Soekanto (2000) maksud dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar.

Tujuan utama pembelajaran melalui model pembelajaran Inkuiri adalah menolong murid untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berfikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar ingin tahu mereka.

Model pembelajaran inkuiri juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan dari model inkuiri yaitu:

(1) Bersifat behavioristik dan diyakini memberikan corak bagi perkembangan proses dan makna belajar itu sendiri,

(2) Merubah pola pikir anak didik dari yang sempit menjadi lebih luas dan menyeluruh dalam memandang dan memecahkan masalah yang di hadapi dalam kehidupan,

(3) Pembinaan membiasakan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan terpadu, yang diharapkan praktis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kelemahan dari model inkuiri diantaranya adalah (1) Dalam proses belajar bersifat otomatis-mekanis, sehingga terkesan kaku,(2) Dan proses belajar terkesan didominasi oleh guru dan murid seakan kurang kreatif.
Model pembelajaran Inkuiri merupakan kegiatan inti dari CTL (Contextual Teaching and Learning),melalui upaya menemukan akan memberikan penegasan bahwa pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan-kemampuan lain yang diperlukan bukan merupakan hasil dari mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi merupakan hasil menemukan sendiri.
Adapun langkah-langkah dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri menurut Trianto (2008:30) di antaranya adalah: (1) merumuskan masalah,(2) mengamati atau melakukan observasi,(3) menganalisis dan menyajikan hasil data tulisan,gambar,laporan,bagan,tabel dan karya lainya,

dan (4) mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas, guru atau audien yang lain secara kelompok ataupun individu. Hasil belajar IPA adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah dilakukan proses belajar mengajar dan dinyatakan dengan skor,nilai,hasil test dan sebagai nilai standar yang diharapkan setelah penggunaan model mengajar dalam pembelajaran.

Hasil belajar siswa dapat ditentukan oleh proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inkuiri, terlihat sebagian siswa bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan aktif dalam melakukan setiap proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Adapun dari segi kelemahan aktivitas siswa adalah masih terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan termotivasi dan lebih banyak bermainpada saat belajar.Untuk aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri secara umum berlangsung sudah baik.

Siti Zainatun Umaro : Prodi PGSD/Semester 4.Mahasiswa Universitas Muhammadiyah.Purworejo