Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Anak di Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Keluarga merupakan pendidikan utama untuk anak, khususnya bagi orang tua.peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter yang ada didalam jati diri anak,terutama pendidikan anak.

Keberhasilan anak juga karena dukungan orang tua,maka dengan itulah pengetahuan dan pengalaman orang tua sangatlah penting dalam membimbing,membina,dan mengsukseskan masa depan anak-anaknya.

Penulis berharap mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat menjadi pedoman untuk membentuk karakter anak didik yang sukses.

Pertama ,peran pola asuh orang tua yang positif yaitu orang tua memberi kasih sayang dan perhatian pada anak .contohnya orang tua  menemani anak dalam belajar,memenuhi kebutuhan anak dalam belajar,membantu kesulitan anak dalam belajar,memantau perkembangan belajar anak dirumah.

Dampak positif dari pola asuh orang tua yang positif yaitu prestasi anak disekolah baik,anaknya disekolah menjadi aktif,anak menjadi disiplin dan mandiri, setiapdiberi tugas oleh guru anak mengerjakan dengan tekun dan tanggung jawab.

Dampak negatifnya orang tua tua kurang memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak,tidak pernah mengingatkan anak untuk belajar tidak pernah mengontrol dan mendampingi anak dalam belajar,kebutuhan anak untuk sekolah kurang diperhatikan atau fasilitas anak untuk belajar kurang diperhatikan atau fasilitas anak untuk belajar kurang diperhatikan contohnya buku anak sudah habis tidak dibelikan.

Akibat yang ditimbulkan dari dampak negatif tersebut prestasi anak menjadi menurun ,nilai akademisnya menurun, rasa ingin tahu minim atau berkurang,anak disekolah menjadi nakal,mencari perhatian dari guru dengan nakal dan melanggar peraturan. 

Sarannya pertama sebaiknya orang tua memberikan kasih sayang pada anak,mendampingi anak dalam belajar,menyalurkan bakat anak sesuai kemampuan,memenuhi fasilitas kebutuhan anak,saran kedua sebaiknya orang tua menjadi contoh dalam keluarga dengan yang  nyaman, menanamkan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari contohnya menjalankan sholat berjamaah,mengaji sehingga permasalahan dapat diatasi.

(Red/ Raden Roro Hidayati Pratiwi mahasiswa UST PGSD Yogyakarta )