Serda Eko Motivasi Pengepul Barang Bekas Di Kelurahan Sangkrah see

Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA,–Babinsa Kelurahan Sangkrah Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Serda Eko selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial dan komunikasi sosial atau komsos di wilayah binaanya, termasuk dengan para pengepul barang bekas atau pemulung barang rongsokan

(4.8/20).

Serda Eko mengatakan “Komsos dengan pengepul barang bekas sengaja di dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada mereka agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan apa lagi setelah di terapkannya new normal dalam pandemi Covid 19, sehingga pemukiman tersebut tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari berbagai penyakit. Saya selaku Babinsa secara terus menerus mengingatkan tentang kebersihan lingkungan pemukiman warga,”.

Serda Eko menyambangi tempat usaha Heri Masyanto seorang pengepul barang bekas di RT 02 RW 02 Kelurahan Sangkrah.

Serda Eko melakukan komsos dengan santai, mengobrol agar tercipta suasana harmonis dan penuh keakraban sehingga tujuan komsos sendiri tercapai, terkait masalah protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan dan Kamtibmas.

Karena menurutnya masalah kebersihan lingkungan, kamtibmas dan kebijakan protokol kesehatan faktor yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat maupun di lingkungan sekitar pemukiman.

Kendati lanjut Serda Eko masih banyak ditemui masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan.

“Sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan seorang Babinsa memang harus dekat dengan warga karena hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap laporan kejadian yang masuk untuk segera ditangani,” ujarnya.

Ditemui ditempat terpisah Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cpl Warji mengatakan pekerjaan pengepul barang bekas sering dianggap memiliki konotasi negatif. Pekerjaannya membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung.

Namun kata Danramil kehadiran Babinsa diharapkan dapat merubah pandangan mereka, terutama soal lingkungan. Satunya dapat terbebas dari barang bekas yang jika dibiarkan bisa menjadi sampah.

“Mereka juga membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah,”.

Kapten Cpl Warji juga menginstruksikan Babinsa sebagai aparat kewilayahan dituntut harus mampu melaksanakan komsos dengan seluruh komponen masyarakat masing-masing, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, warga, pelaku usaha bahkan pelaku kriminal, tak terkecuali pemulung.

Sukir yang sehari-harinya sebagai pemulung barang bekas yang masih mempunyai nilai jual, dan penghasilan yang diterima digunakan mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sering menyambanginya dan mengingatkan betapa pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya.

Penyaji :Arda 72 Pendim Surakarta