Wakili Danramil, Batuud Pelda Bambang, Hadir Di Sosialisasi TP B

Nusantara

KORANBOGOR.com, WONOGIRI, – Di Balai Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem, diadakan Sosialisasi Tanggap Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Jumat(23.10/20).

Sosialisasi tersebut juga dihadiri Camat Puhpelem Jaiman, Batituud Pelda Bambang, Kapolsek Puhpelem Iptu Budiono, Tim dari Badan Penanggulangan Daerah (BPBD)/ Kelembagaan Desa, Ka UPTD Puskesmas Kec. Puhpelem, Ketua RT/RW dan perwakilan masyarakat sekitar.

Camat Jaiman mengatakan, diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk mengambil berbagai langkah pencegahan dan penanggulangan bencana.

Lanjutnya juga perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti peringatan dini, meskipun belum dapat sepenuhnya menjamin keberhasilan pencegahan. ” Korban jiwa dan kerusakan lebih besar akibat tsunami bisa saja terjadi tanpa ada kesiapan warga, pemerintah dan seluruh pihak terkait dalam mengantisipasinya,”.

Sementara Petugas BPBD Kelembagaan Desa menyampaikan, masyarakat diharapkan tanggp dalam upaya penyelamatkan dan evakuasi terhadap bencana gempa bumi dan tsunami, juga dapat cepat meresponse peringatan dini bencana.

Menurutnya langkah-langkah mitigasi bencana gempa dan tsunami itu bisa dilakukan dengan meningkatkan sosialisasi mitigasi, latihan evakuasi, menata dan memasang rambu evakuasi, menyiapkan tempat evakuasi ke daerah yang lebih aman sementara, juga membangun bangunan dan rumah rumah tahan gempa.

Batuud berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana, khususnya gempa bumi yang berpotensi tsunami.***

Penyaji :Arda 72