DukungPerjalanan Digital Kreatif Remaja yang Aman, TikTok bersama SEJIWA Foundation Hadirkan Program School Roadshow: Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok

Harus Baca

KORANBOGOR.com-TikTok bersama organisasi nirlaba SEJIWA Foundation memperkenalkan program school roadshow bertajukSeru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok. Program ini merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mendukung kreativitas remaja sekaligus memastikan keamanan mereka di dunia digital melalui roadshow edukasi di enam sekolah menengah atas di wilayah Jabodetabek untuk para siswa remaja dan orang tua serta wali, selama bulan Oktober dan November 2024.

Program ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini, di mana kelompok remaja merupakan pengguna internet terbesar kedua di Indonesia dan mayoritas menggunakannya untuk media sosial.

Dengan semakin aktif di dunia digital, remaja juga rentan terhadap kejahatan dan risiko keamanan digital lainnya*.

Di sisi lain, berdasarkan hasil riset dari SEJIWA Foundation dan Western Sydney University terhadap remaja usia 13-18 tahun di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, para remaja ingin mendapatkan bimbingan agar mereka bisa merasa aman di ruang digital.

“Menciptakan lingkungan digital yang aman bagi remaja untuk berkreasi membutuhkan upaya kolektif, baik dari orang tua atau wali, sekolah, dan platform.

Di TikTok,kami berkomitmen untuk menyediakan wadah yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berkreasi, termasuk untuk remaja.

Dan hal tersebut kami tuangkan dalam bentuk kebijakan, ragam fitur dan alat keamanan bagi orang tua dan remaja, serta program edukasi yang menggandeng mitra eksternal.

Program “Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok” merupakan salah satu perwujudan komitmen kami untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan digital,serta memberdayakan para remaja serta orang tua dan wali untuk bersama-sama menciptakan perjalanan digital yang aman dan nyaman bagi remaja,” ungkap Anggini Setiawan, Communications Director, TikTok Indonesia.

SEJIWA Foundation sebagai mitra TikTok dalam program ini mengungkapkan hal senada. “Usia remaja memerlukan pendampingan dalam menghadapi tantangan di platform digital, dan mengedukasi para orang tua dan wali tentang peran penting mereka dalam mendampingi perjalanan digital anak remaja menjadi langkah yang semakin signifikan.

Oleh karena itulah, upaya proaktif seperti program roadshow sekolah yang pertama kali TikTok dan SEJIWA Foundation lakukan ini diharapkan bisa menjadi pionir untuk terus mendorong keterlibatan orang tua untuk membantu para remaja berkreasi dengan bijak dan merasa aman,” ujar Diena Haryana, Founder SEJIWA Foundation, yang telah menjadi mitra TikTok dalam berbagai kampanye keamanan dan kesejahteraan pengguna di TikTok sejak tahun 2021.

Program school roadshow Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok” akan mengunjungi enam sekolah yang beragam di wilayah Jabodetabek,antara lain SMAN 53 Jakarta, SMAN 73 Jakarta, SMA Regina Pacis Jakarta,SMA Labschool Cibubur,SMA Rimba Madya Bogor, dan SMKN 3 Bogor. Di setiap sekolah,TikTok dan SEJIWA Foundation akan mengadakan sesi paralel untuk remaja dan orang tua.

Untuk para siswa remaja, TikTok akan mengajak para kreator yang memiliki dampak positif dan bisa menjadi inspirasi generasi muda,seperti Lianna Nathania,Ghina Eroz,Rival Amir, dan Tiranissya, yang akan berbagi cerita tentang perjalanan kreatif mereka di TikTok, sekaligus mengajak para siswa untuk lebih sadar terhadap pentingnya keamanan digital dan kesejahteraan digital,termasuk bagaimana mengelola interaksi online dan melindungi privasi akun mereka di TikTok.

Untuk para orang tua dan wali sebagai pendamping utama para remaja,TikTok bersama SEJIWA Foundation akan memberikan panduan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendampingi perjalanan digital kreatif anak remajanya ,cara memanfaatkan fitur Pelibatan Keluarga,serta mendengarkan tips dari kreator parenting Halimah dan kreator yang juga seorang musisi dan penulis Reda Gaudiamo,di mana keduanya juga akan membagikan pengalamannya sebagai seorang ibu.

Harapannya, sesi ini bisa membantu dan memberdayakan para orang tua dan wali untuk bisa mendukung dan memastikan pengalaman digital yang aman dan sesuai usia bagi anak remajanya.

Pentingnya peran orang tua dalam perjalanan digital anak remajanya ditegaskan oleh Halimah, kreator di TikTok yang kerap membagikan tips parenting. “Usia remaja adalah masa yang penuh eksplorasi.

Mereka sudah bisa berpikir kritis, tapi belum tentu paham konsekuensinya, dan tidak mau dikekang.

Untuk itu, orang tua perlu menerapkan kebebasan dalam batasan, sehingga anak remaja kita mau terbuka dan berkomunikasi dengan sehat,” ujarnya. 

Lianna Nathania, seorang kreator muda di TikTok, turut membenarkan hal ini. “Generasi muda, khususnya di usia remaja, masih butuh bimbingan dan pendampingan, sehingga nantinya mereka bisa melindungi dirinya di dunia digital,” ungkapnya.

Program school roadshow Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok merupakan bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023. Kampanye ini merupakan upaya TikTok untuk mengingatkan semua orang untuk saling menjaga satu sama lain, baik dari konten negatif, misinformasi dan disinformasi, atapun konten-konten yang membuat orang lain tidak nyaman.

Untuk informasi lebih lanjutsilakan kunjungi laman Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTokSumber daya lainnya terkait keamanan digital remaja, dapat dilihat di laman Panduan Bagi Orang Tua dan Wali dan Pusat Keamanan Remaja.

###

Tentang TikTok

TikTok merupakan destinasi terdepan untuk video mobile berdurasi singkat. Misi kami adalah untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. TikTok memiliki kantor pusat di Los Angeles dan Singapura, serta kantor global di New York, London, Dublin, Paris, Berlin, Dubai, Jakarta, Seoul, dan Tokyo. Untuk mengetahui cerita menarik dari kreator TikTok di seluruh Indonesia, kunjungi situs tiktokimpact.id.

Kontak Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat Menembus Bumi

KORANBOGOR.com,RAJA AMPAT-Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat melaksanakan penggalian dan pengecoran sumur gali...

Berita Terkait