Warga Springhill Yume Lagoon Tolak TPST Suradita

Harus Baca

KORANBOGOR.com,Kabupaten Tangerang, 4 September 2023 – Lebih dari 80 warga perumahan Springhill Yume Lagoon menyampaikan petisi penolakan TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Suradita kepada Springhill Group (PT.Springhill Mizumi Serpong) selaku developer pada saat audiensi yang dilakukan pada Sabtu, 2 September 2023 di Clubhouse Springhill Yume Lagoon.

TPST Suradita tersebut hanya berjarak hanya sekitar 20 meter dari pemukiman warga dan direncanakan akan menggunakan teknologi pirolisis dan gasifikasi. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 pasal 32 mengenai persyaratan TPST, jarak TPST ke pemukiman terdekat paling sedikit 500 m. Sementara pada TPST Suradita tersebut, jarak ke pemukiman warga hanya sekitar 20 meter.


Dalam audiensi yang dilakukan, warga menyebutkan dampak-dampak negatif TPST yang terlalu dekat dengan pemukiman warga.

Beberapa di antaranya adalah penumpukan sampah yang dapat menyebabkan bau dan penyakit, residu dari pemrosesan sampah yang dapat mempengaruhi kualitas air dan udara di lingkungan, truk dan kendaraan pengangkut sampah yang mengganggu lalu lintas di sekitar perumahan, mengurangi estetika dan keindahan lingkungan, serta mempengaruhi nilai ekonomi dari properti. 

Warga juga merasa sangat kecewa terhadap Springhill Group selaku pihak pengembang dan pemasar yang tidak jujur dan menutup-nutupi keberadaan TPST tersebut.

Warga mengaku tidak pernah mendapatkan informasi baik secara lisan maupun tulisan (brosur, site plan, media sosial) pada saat sebelum melakukan pembelian.

Bahkan pihak developer mencopot paksa spanduk penolakan TPST yang dipasang oleh warga. 

Salah seorang warga menyebutkan “TPS Suradita sudah ada dari tahun 2015. Namun, kenapa proyek pembangunan Springhill Yume Lagoon (mulai dari pengerukan situ) tetap bisa mulai dilakukan di tahun 2016? TPS bahkan diperluas di tahun 2017 setahun setelah pembangunan.” 

Penolakan TPST juga pernah dilakukan oleh warga Kertamukti Bekasi, Cicabe Bandung, Jatihandap Bandung, Jahri Saleh Banjarmasin. 

(Red/Circe Davenport)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

SUVARNA SUTERA LUNCURKAN KLASTER AGRA UNTUK MILLENIALS

KORANBOGOR.,com,TANGERANG-Mengawali tahun 2024 dan setelah berlangsungnya pesta demokrasi atau Pemilihan Umum 2024 yang baru saja berlalu dengan aman,Suvarna Sutera,...

Berita Terkait