Indonesia Siap Jadi Pemain Baterai EV Kelas Dunia

Harus Baca

Usai meresmikan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan mengunjungi booth MIND ID di ajang tersebut, Selasa (5/9).

Booth yang dikunjungi yaitu proyek Battery Asset Management Service (BAMS) yang digagas oleh perusahaan ekosistem baterai dan electric vehicle (EV) terintegrasi Indonesia Battery Corporation (IBC), di mana MIND ID menjadi salah satu pemegang sahamnya.

Pada ksempatan itu, Direktur Utama PT Indonesia Battery Corporation (IBC), Toto Nugroho secara singkat menjelaskan proses pengembangan BAMS yang digagas oleh IBC.

Booth MIND ID hadir memberikan gambaran kepada peserta AIPF 2023 terkait sebuah platform ekosistem motor listrik, meliputi penyediaan baterai dan aplikasi yang dapat digunakan berbagai merek sepeda motor listrik, termasuk motor listrik konversi.

Toto menjelaskan kepada Presiden Jokowi dan para pemimpin di kawasan ASEAN bahwa mimpi Indonesia punya program hilirisasi nikel yang dijalankan MIND ID secara grup, yang salah satunya melalui IBC.

Karena itu, dalam booth MIND ID ditampilkan limonite dan saprolite dan beberapa tahapan sampai battery cell dan battery pack.

Seluruh pengunjung yang datang termasuk para delegasi dari berbagai negara ASEAN pun bisa melihat bahwa Indonesia sudah siap untuk menjadi pemain baterai kelas dunia.

Untuk diketahui, kehadiran BAMS menjadi salah satu upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai nol emisi karbon alias net zero emission (NZE) pada 2060 melalui elektrifikasi kendaraan bermotor.

MIND ID mendukung dengan hadirnya IBC melalui saham PT Aneka Tambang, Tbk. dan PT Indonesia Asahan Aluminium, Tbk.

Kehadiran IBC sendiri diharapkan bisa mempercepat pengolahan dari nikel prekursor sampai ke battery pack.

“Sehingga rantai bisnis dari nikel atau limonite dan saprolite bisa sampai battery cell seluruhnya di Indonesia.

Harapannya, dengan hadirnya MIND ID sebagai holding bisa mengorkestrasikan komoditi-komoditi dari beberapa anggota yang mendukung percepatan ekosistem electric vehicle di Indonesia,” kata Toto seperti tertera dalam keterangan resmi pihak MIND.ID Toto menjelaskan,

Antam selaku Anggota Grup MIND ID, berperan sebagai pemain hulu memegang peranan penting dalam menambang nikel. Sedangkan, Anggota Grup MIND ID lainnya, yakni Inalum memiliki peranan penting sebagai satu-satunya produsen aluminium di Indonesia.

“Untuk membuat kendaraan listrik, tantangan besarnya adalah harus menyediakan alat transportasi yang ringan. Sehingga kebutuhan aluminium semakin meningkat.

Dan kita tahu kebutuhannya itu saat ini mencapai 1 juta ton. Sedangkan, saat ini Inalum baru berproduksi sekitar 250-300 ribu ton. Sehingga ada proyek dari Inalum yang namanya greenfield yaitu peningkatan double capacity.

Harapannya, Inalum sebagai pemain utama aluminium di Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pasar domestik,” tutur Toto. Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan MIND ID Akhmad Fazri mengatakan, kehadiran proyek BAMS yang digagas IBC bisa membawa Indonesia menjadi raja baterai. Sebab, komoditi bahan utama pembuatan baterai sangat melimpah di Indonesia.

“Bahan utamanya adalah limonite dan saprolite. Itu bahan mentah yang saat ini dengan adanya perintah dari Pak Jokowi yang melarang ekspor barang mentah, Indonesia diharapkan dapat memberikan nilai tambah dari komoditi mentah ini,” ujarnya.

Fazri menuturkan, hadirnya MIND ID sebagai Holding Industri Pertambangan mendorong seluruh anggotanya untuk melaksanakan hilirisasi dengan cara mempercepat proses pembangunan smelter yang ada di Indonesia. Sehingga, limonite dan saprolite tersebut bisa diolah hingga menjadi nikel prekursor atau barang setengah jadi.

“MIND ID juga mendukung dengan hadirnya IBC melalui saham Antam dan Inalum, sehingga IBC ini bisa mengolah dari nikel prekursor sampai ke battery pack. Akhirnya, rantai bisnis dari nikel atau limonite dan saprolite bisa sampai battery cell seluruhnya di Indonesia,” kata dia.

Fazri mengharapkan hadirnya MIND ID sebagai holding bisa mengorkestrasikan komoditi-komoditi dari beberapa anggota yang mendukung percepatan ekosistem electric vehicle di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Piala Eropa 2024 : Belanda VS Polandia,Malam Ini

KORANBOGOR.com-Timnas Polandia akan menjamu Timnas Belanda pada pertandingan Grup D, Euro2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6) pukul 20.00 WIB. Pelatih...

Berita Terkait