4 Makanan yang Baik Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh saat Polusi Udara

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Melihat semakin meningkatnya polusi udara di Jakarta, secara tidak langsung membuat kamu harus bergegas melindungi diri dan menjaga kesehatan tubuh Dalam upaya tersebut, hal yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan yang baik.

Melindungi diri dengan menggunakan masker ketika berada di luar ruangan saja tidaklah cukup. Lebih daripada itu, kamu juga harus memperkuat daya tahan tubuh dengan mengatur asupan sehat yang masuk dan bagus untuk dikonsumsi.

Polusi udara sendiri terjadi dari berbagai sumber yang dinilai berbahaya untuk tubuh. Maka dari itu, pentingnya kesadaran diri untuk menjaga kondisi tetap fit di tengah meningkatnya polusi udara ini.

Berikut beberapa makanan yang dikonsumsi saat polusi udara dengan beragam kandungan nutrisi baik. Ada apa saja? Simak di bawah ini.

1. Brokoli

Makanan pertama yang dinilai baik untuk dikonsumsi saat polusi udara ialah brokoli. Jenis sayuran satu ini diketahui mengandung nutrisi antioksidan yang tinggi.Kandungan tersebut lantas menjadikan brokoli sebagai makanan yang bisa mengeluarkan racun dari polusi udara.

Meski begitu, kamu juga harus selalu memerhatikan bagaimana cara mengolah brokoli yang benar supaya nutrisi miliknya tidak menghilang. Hanya dengan mengukus atau merebus setengah matang, kamu bisa memperoleh manfaat baik.

2. Kacang-kacangan

Jenis makanan lain ialah kacang-kacangan. Tidak hanya lezat dan bisa dijadikan opsi camilan, kacang-kacangan diyakini bisa berdampak bagi polusi udara sebab kandungan nutrisi yang sehat.

Adapun, kacang-kacangan memiliki antioksidan kaempferol yang disebut berperan aktif membantu mengurangi peradangan kronis bahkan bisa menekan pertumbuhan kanker, lho.

3. Tomat

Selanjutnya ada tomat yang kaya akan vitamin C sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Tak hanya itu, tomat juga memiliki kandungan likopen yang bisa mengurangi risiko asma dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Antioksidan dari likopen ini berperan penting menjaga tubuh dari daikal bebas dan menjadi pilihan tepat dalam pencegahan masalah pernapasan lainnya.

4. Kunyit

Terakhir ada bumbu pelengkap masakan yang baik dikonsumsi saat polusi udara yakni kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mempunyai kandungan inflamasi sehingga dipercaya bisa mengatasi peradangan di paru-paru akibat polusi udara.

Untuk mengonsumsi kunit, kamu bisa mengolahnya menjadi bahan tertentu atau sebagai minuman herbal yang menyehatkan tubuh.

Demikian empat jenis makanan yang bisa kamu ketahui baik dikonsumsi saat polusi udara di Jakarta kini sedang meningkat. Jangan lupa untuk melindungi diri dan menjaga tubuh tetap sehat, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Desak KPK Usut Sirekap KPU

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginvestigasi penggunaan anggaran untuk membuat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Desakan tersebut...

Berita Terkait