Sekelompok Massa Intimidasi Diskusi Masa Depan Demokrasi Dengan Pembicara Rocky Gerung

Harus Baca

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kehadiran akademisi sekaligus pengamat politik, Rocky Gerung Gdi Yogyakarta kembali mendapat penolakan dari sekelompok masyarakat.

Rocky sendiri mengisi diskusi bertajuk ‘Masa Depan Demokrasi di Tengah Derasnya Arus Korupsi’ di Kopi Nuri, Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jumat, 8 September 2023. 

Sekelompok orang tersebut tampak membawa sejumlah spanduk penolakan kehadiran Rocky dalam diskusi yang diadakan oleh  Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) Komisariat FEB UGM dan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bulaksumur-Karangmalang (PC IMM BSKM).

Selain Rocky, pembicara yang hadir dalam diskusi yakni pakar hukum Refly Harun, mantan pimpinan KPK Saut Situmorang, pengamat ekonomi Awalil Rizky, dan Ketua BEM KM UGM Gielbran M Noor. 

Kelompok yang menamakan diri Pejuang Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB) membentangkan beberapa spanduk, di antaranya bertulisan ‘Yogyakarta Kota Pelajar, Budaya Bermartabat.

Tolak & Usir Rocky Gerung & Refli Harun-Penghina Presiden, Penghancur Kehormatan Bangsa & Perusak Moralitas Anak Bangsa’.

Meski diprotes, acara diskusi berjalan dengan kawalan pengamanan aparat Salah satu massa ada yang meneriaki acara tersebut ilegal.

Meskipun, acara diskusi tak membutuhkan perizinan dan sebatas pemberitahuan kepada kepolisian. Selain itu, ada pula massa yang meminta Rocky keluar dan menyebut masyarakat Yogyakarta tak membutuhkannya. 
 
Perwakilan PNIB, Fajar Yoga mengatakan menolak Rocky karena Yogyakarta kota berbudaya. Menurut dia, Rocky tak pantas mengisi acara di Yogyakarta.  “Kami tidak mau diobok-obok dengan cara seperti ini,” ucapnya
 
Penolakan Rocky ini merupakan buntut ucapannya dengan diksi ‘Jokowi bajingan tolol’, meski sudah menyampaikan permintaan maaf. Kelompok tersebut tetap tak memedulikan permintaan maaf Rocky. Ia mengeklaim penolakan kehadiran Rocky agar Yogyakarta kondusif. 
 
“Jadi biar Jogja kondusif juga, jangan sampai ada pembelajaran yang salah,” ucapnya. 
 
Ketua Umum PC IMM BSKM, Sulchan Fathoni mengatakan diskusi yang diselenggarakan menjadi bagian kebebasan pendapat, termasuk aksi protes itu. Ia mengatakan diskusi tersebut membahas persoalan aktual yang terjadi saat ini dari kaca mata para pembicara. 
 
“Kami cuma mau belajar, negara ini sudah jauh sekali untuk kegiatan money politic, korupsi dan sebagainya. Kita mahasiswa sudah jengah,” ujar Sulchan.
 
Sebelum ini,penolakan kehadiran Rocky Gerung terjadi di Bento Kopi di Kelurahan Banyuraden,Kecamatan Gamping,Kabupaten Sleman, 2 Agustus 2023. Saat itu, Rocky batal mengisi diskusi karena tak bisa masuk ke lokasi acara. 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Desak KPK Usut Sirekap KPU

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginvestigasi penggunaan anggaran untuk membuat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Desakan tersebut...

Berita Terkait