Beasiswa Chevening Untuk Mahasiswa Indonesia Yang Mau Ambil S2 Di Inggris

Harus Baca

KORAOGOR.com-Chevening merupakan program beasiswa internasional pemerintah Inggris. Salah satu dari sekian banyak beasiswa untuk pelajar Indonesia di luar negeri.

Beasiswa Chevening menawarkan gelar master untuk pelajar internasional di universitas di Inggris ini, didanai oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan, serta organisasi mitra.

Beasiswa ini menawarkan dukungan keuangan penuh untuk memenuhi gelar master untuk pelajar yang memenuhi syarat di universitas mana pun di Inggris selama satu tahun.

Kandidat Chevening yang berhasil berasal dari berbagai negara dan latar belakang. Tercatat sudah ada lebih dari 55 ribu alumni global.

Berdasarkan website resmi Chevening, manfaat yang akan diperoleh oleh pelajar yang lolos seleksi Beasiswa Chevening ini antara lain biaya sekolah yang didanai penuh dan akses ke beberapa pendidikan berkualitas terbaik di dunia.

Lalu peluang jaringan eksklusif, kesempatan untuk menjelajahi beragam budaya Inggris, tiket pulang–pergi kelas ekonomi, tunjangan kedatangan, keberangkatan dan perjalanan.

Kemudian mendapat penggantian biaya permohonan visa, penggantian biaya tes TBC, serta biaya akomodasi per bulan.

Dilansir dari unggahan akun Instagram Uniway pada hari Jumat (15/9), persyaratan untuk pemohon program beasiswa Chevening  2024– 2025 di antaranya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Kembali ke Tanah Air minimal 2 tahun setelah penerimaan beasiswa berakhir
  3. Sudah menyelesaikan pendidikan gelar sarjana yang memungkinkan kamu masuk ke program pascasarjana di universitas di Inggris
  4. Mengalami pengalaman kerja 2 tahun atau setara 2.800 jam
  5. Mendaftar ke tiga program studi berbeda di universitas di Inggris yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihan ini sesuai batas waktu yang tercantum pada timelinependaftaran

Untuk dokumen yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Transkrip nilai
  2. Sertifikat penghargaan
  3. Dua surat rekomendasi dari dosen maupun kepala jurusan dari kampus dalam negeri
  4. Essay
  5. Curriculum vitae
  6. Kartu identitas atau Kartu Tanda Penduduk
  7. Paspor

Tahap seleksi Beasiswa Chevening meliputi seleksi administrasi dan wawancara. Untuk pendaftar yang lolos di seleksi administrasi, akan diundang untuk mengikuti wawancara pada Bulan februari 2024.

Berikut adalah timeline pendaftaran untuk Beasiswa Chevening:

Pendaftaran: 12 September – 7 November 2023

Seleksi administrasi: November – Desember 2023

Pengumuman peserta lolos seleksi administrasi: Februari 2024

Seleksi wawancara: 26 Februari – 26 April 2024

Pengumuman akhir: Juni 2024

Awal studi: September/ Oktober 2024

Untuk calon pendaftar yang membutuhkan informasi lebih bisa akses ke website resmi Chevening atau melakukan konsultasi maupun bimbingan persyaratan serta dokumen dengan orang-orang yang berpengalaman.

Sekarang, sudah banyak alumni pelajar internasional di Indonesia yang bersedia memberikan info serta bimbingan pada calon pendaftar agar dapat memaksimalkan usaha untuk diterima di universitas luar negeri.

Salah satunya yaitu akun instagram uniway yang menyediakan informasi seputar beasiswa di dalam maupun luar negeri. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Warga Binaan, Babinsa Koramil Jila Dampingi Nakes Adakan Pemeriksaan Rutin

,KORANBOGOR.comTIMIKA-Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Kornelis bersama Bhabinkamtibmas Polsek Jila melaksanakan pendampingan petugas Puskesmas Jila dipimpin Kepala Puskesmas Jila Bapak...

Berita Terkait