Ganjar Pranowo Bakal Dijadikan Anggota Keluarga Melayu Riau

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo akan menjadi anggota keluarga Melayu Riau. Rencana itu ke luar setelah Ganjar bertemu dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10) malam. Pertemuan dalam rangka silahturahmi sekaligus menyampaikan hajat Ganjar yang ingin berkunjung ke Riau.

Adapun perwakilan LAM Riau yang bertemu dengan Ganjar yakni Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (Ketum MKA LAM Riau) Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil, dan Sekum LAM Riau Datuk Jonnaidi Dasa.

Memulai acara, LAM Riau memberikan pantun kepada perwakilan tuan rumah Ganjar Pranowo. Lalu, tuan rumah Ganjar Pranowo juga membalas pantun dari LAM Riau.

Seusai menyampaikan ucapan selamat datang, Perwakilan LAM Riau menyodorkan tepak sirih kepada tuan rumah Ganjar Pranowo.

Pria berambut putih ini pun kemudian mencicipi tepak sirih yang diberikan tersebut.

Adapun tepak sirih Melayu merupakan benda budaya yang sudah lama menjadi bagian dari adat suku Melayu di provinsi Riau.

Tepak sirih dapat digambarkan sebagai suatu kelengkapan yang selalu hadir di dalam upacara adat, kalangan adat, bahkan hingga di acara pemerintahan maupun masyarakat umum.

Tepak sirih sudah sangat terkenal sebagai salah satu ikon yang menonjol di Bumi Lancang Kuning, begitu julukan bagi provinsi Riau.

Isi dari tepak sirih meliputi daun sirih, gambir, tembakau, pinang, cengkeh, kapur, dan kacip

Setelah itu giliran perwakilan keluarga Ganjar memberikan juga tepak sirih ke LAM Riau. Para pengurus LAM Riau yang hadir dalam pertemuan itu juga memakan tepak sirih yang disuguhi oleh Ganjar. Dalam pertemuan itu, Ganjar juga menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Provinsi Riau.

Maka dari itulah dia bertemu dengan LAM Riau agar bisa meminta izin untuk datang ke sana. Permintaan Ganjar ini pun mendapat respons dari LAM Riau.

Mereka sangat menyambut baik keinginan Ganjar, bahkan LAM Riau akan menobatkan Ganjar sebagai keluarga melalui sebuah proses upacara adat melayu.

“Kami mendapatkan undangan sebenarnya ke Riau dan hari ini kami semacam dinobatkan menjadi keluarga sama adat Melayu dan tadi ada satu upacara kecil,kami diwakili oleh saudara-saudara kami dari Riau tetapi tinggal di Jawa, sehingga kami bisa mengikuti proses dengan baik,” kata Ganjar seusai bertemu LAM Riau.

Ganjar nantinya akan mendapatkan gelar kehormatan keluarga oleh LAM Riau melalui prosesi penyematan gelar Tepuk Tepung Tawar.

Salah satu rangakaiannya yang dilakukan pada hari ini yaitu Meminang Tepuk Tepung Tawar. Ganjar pun diberikan seperangkat alat baju melayu oleh LAM Riau.

Baju tersebut langsung dikenakan oleh Ganjar saat pertemuan pada hari ini. Ganjar berujar dirinya merasa terhormat karena LAM Riau siap menyambut dan menjadikannya keluarga melalui proses upacara.

Ia pun berjanji akan segera menjadwalkan kunjungan ke Riau.

“Dan Insyallah kita sedang menjadwalkan kunjungan ke sana dengan upacara yang disebut lebih besar atau sesungguhnya,” ucap Ganjar. Selain itu, Ganjar berkata Provinsi Riau bukanlah sesuatu yang baru baginya. Dia menyatakan mempunyai saudara yang tinggal di provinsi tersebut.

Bahkan, kata Ganjar, ketika menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah dia sering menggunakan pakaian adat Melayu Riau saat beraktivitas.

“Saya surprise saja karena tadi disampaikan ada foto yang ditunjukkan kepada saya pake baju Melayu pada saat vaksin.

Saya sendiri surprise karena beliau memperhatikan itu,” jelas Ganjar.

Ganjar mengaku sangat senang budaya Indonesia. Waktu menjadi gubernur, setiap Kamis minggu keempat, anak-anak pegawai Pemprov memakai baju adat nusantara.

Sementara, Ketum DPH LAM Riau Datuk Seri H.Taufik Ikram Jamil menyatakan pihaknya akan siap menyambut kehadiran Ganjar Pranowo di Riau.

“Kami mendapat kabar bahwa ada rencana Bapak (Ganjar) akan keliling Indonesia dan salah satunya tempat ya Riau.

Maka kita sekaligus istilah lain kami mendolok, kami kemari sini bahwa kami siap menerima beliau,” tegas Datuk H. Taufik Ikram.

Datuk H. Taufik Ikram menuturkan bagi orang Riau kunjungan salah satu tokoh nasional ke daerahnya merupakan sebuah kehormatan dan disebut membawa berkah.

“Jadi, bagi kita di Riau itu kalau orang datang dapat dua, orang lain dapat satu kami dapat dua.

Oleh karena itu kita akan sangat gembira menyambut beliau di Riau,” tutupnya.

Menutup pertemuan, Ganjar turut memberikan cendera mata berupa kain sarung dan buku biografinya kepada pengurus LAM Riau.

(Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menanamkan Rasa Cinta NKRI, TNI Berikan Wasbang Di SMAN 1 Manggis

KORANBOGOR.com,KARANGASEM-Menyadari pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi anak sekolah, anggota Satgas TMMD ke-119 Kodim 1623/Karangasem, memberikan penyuluhan Wasbang kepada 40...

Berita Terkait