Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami Bagi Wilayah Pesisir

Harus Baca

KORANBOGOR.com,TOKYO-Jepang pada Senin (9/10/2023) pagi mengeluarkan peringatan tsunami, menyusul serangkaian gempa dangkal di kepulauan Izu di Samudra Pasifik. Ahli seismologi menyatakan, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gelombang yang ditimbulkannya, kata ahli seismologi.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan, gelombang tsunami setinggi 60 cm melanda pulau Hachijojima, 280 km selatan Tokyo, sedangkan gelombang tsunami dengan tinggi 40 cm dan 20 cm tercatat masing-masing terjadi di prefektur Kochi bagian barat dan prefektur Miyazaki bagian selatan.

Menurut JMA, tidak ada kerusakan yang dilaporkan, tetapi Kota Tateyama di Chiba, dekat Tokyo, mendesak penduduk di daerah pesisir untuk mengungsi setelah adanya peringatan tersebut.

Pejabat JMA Toshihiro Shimoyama memperingatkan, dalam konferensi pers bahwa berbahaya jika terjadi di laut dan dekat pantai. “Tolong keluar dari laut dan menjauhlah dari pantai.”

Survei Geologi AS melaporkan serangkaian gempa dangkal di Kepulauan Izu, dengan gempa terkuat magnitudo (M) 5,4 tercatat terjadi pada pukul 05.17 pagi sekitar 551 km selatan Shimoda.

Peringatan terbaru ini muncul setelah Jepang mengamati adanya tsunami setinggi satu meter di dekat kepulauan Izu, dengan gempa M 6,5 yang terjadi minggu lalu.(Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

SUVARNA SUTERA LUNCURKAN KLASTER AGRA UNTUK MILLENIALS

KORANBOGOR.,com,TANGERANG-Mengawali tahun 2024 dan setelah berlangsungnya pesta demokrasi atau Pemilihan Umum 2024 yang baru saja berlalu dengan aman,Suvarna Sutera,...

Berita Terkait