Raja-Sultan dan Tokoh Masyarakat Adat di Kalimantan Serukan Perdamaian Bersama Sukarelawan Ganjar

Harus Baca

KORANBOGOR.com,SAMPIT-Sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Dinasti Nusantara mendapatkan sambutan yang positif dari keluarga keturunan raja-sultan dan tokoh masyarakat adat di Pulau Kalimantan.

Melalui kunjungan dan silaturahmi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, mereka sepakat menyerukan pesan perdamaian antarsuku dan etnis di Indonesia.

“Silaturahim itu bukan untuk kami saja, tapi lebih-lebih untuk bangsa dan negara. Dan, dengan silaturahmi itu sendiri, banyak manfaatnya.

Akan menimbulkan rasa kasih sayang antara sesama hamba,” kata Gusti Tengku Kadran dari Kesultanan Kotawaringin, Senin (9/10).

Menurutnya, kedatangan para raja dan sultan dari berbagai daerah di Indonesia ke wilayah Kalimantan Tengah, khususnya Kotawaringin, merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat adat setempat.

“Sangat luar biasa karena mengingat yang hadir ini yaitu para raja dan sultan se-nusantara. Dan, ini merupakan satu kehormatan khususnya bagi kami masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Gusti Tengku Kadran.

Sejumlah raja-sultan yang turut hadir di antaranya, Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan dan KPH H Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat.

Adapun, para peserta silaturahmi kali ini juga berasal dari berbagai wilayah di Pulau Kalimantan, seperti dari Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

“Karena ini merupakan silaturahmi Dinasti Nusantara, khususnya dengan masyarakat Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Timur. Kita harapkan semoga ke depannya itu jauh lebih baik lagi,” ujarnya.

Gusti Tengku Kadran menyebut bangsa Indonesia memiliki banyak suku yang hidup berdampingan secara rukun. Di Pulau Kalimantan saja, terdapat Suku Dayak, Suku Melayu, Suku Banjar dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, dia pun berharap agar seluruh bangsa Indonesia terus menjaga perdamaian agar dapat membangun negara kesatuan yang kuat.

“Maka, dengan adanya para raja dan sultan yang telah bersilaturahmi ke Kalimantan Tengah ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Dan, saya meyakininya semua itu akan membawa keberkahan,” kata Gusti Tengku Kadran.

Melalui kegiatan tersebut, para raja-sultan dan tokoh masyarakat adat dikenalkan dengan sosok Ganjar yang diyakini masih memiliki garis keturunan dari keluarga kerajaan di wilayah Sunda dan Jawa.

Mereka juga berdiskusi hingga menunjukkan dukungannya untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 dengan menandatangani surat pernyataan dan spanduk.

Selain itu, para sukarelawan Dinasti Nusantara melakukan kunjungan ke beberapa situs adat dan bertemu para tokoh masyarakat adat hingga kepala daerah setempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Piala Eropa 2024 : Belanda VS Polandia,Malam Ini

KORANBOGOR.com-Timnas Polandia akan menjamu Timnas Belanda pada pertandingan Grup D, Euro2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6) pukul 20.00 WIB. Pelatih...

Berita Terkait