Mandiri Capital Indonesia (“MCI”) Perluas Jaringan Startup Binaan lewat Program Y-Axis

Harus Baca

Program kolaborasi antara MCI dengan Portfolio MCI untuk saling bersinergi

KORANBOGOR.com,JAKARTA-PT Mandiri Capital Indonesia (“MCI”), perusahaan modal ventura di bawah Mandiri Group, berkomitmen untuk membuka peluang startup dan startup binaan untuk bisa terintegrasi dengan Mandiri Grup lewat beberapa program.

Salah satunya adalah program Y-Axis yang diselenggarakan pada 4 Oktober 2023.  Y-Axis merupakan salah satu program tematik yang diinisiasi oleh MCI dengan tujuan memberikan platform bagi para portfolio MCI agar dapat berinteraksi, berjejaring, sekaligus meningkatkan peluang kerja sama bisnis mereka.

Selain itu, MCI juga mengundang ekosistem BUMN untuk menjalin koneksi dengan portfolio MCI. Harapannya, dari networking session ini, terdapat insight yang didapatkan dari para founders dan juga BUMN lainnya.  Dalam pelaksanaanya, series Y-Axis pertama MCI berkolaborasi dengan salah satu portfolio, yakni Ayoconnect.

Dennis Pratistha, Direktur Investasi Mandiri Capital Indonesia mengatakan “Di Mandiri Capital, kami menempatkan fundamental sebagai posisi yang penting. Sebagai perusahaan modal ventura, tujuan utama kami adalah mendapatkan laba atas investasi kami. Namun, kami memahami bahwa berinvestasi saja tidaklah cukup, oleh karena itu Mandiri Capital juga turut berkomitmen untuk memberikan dukungan strategis guna memperkuat pondasi bisnis para startup. Salah satu inisiatif yang kami lakukan adalah dengan menginisiasi program XYZ. ‘X’ seperti sumbu X memperlebar business yang sudah ada dengan matchmaking antara startup dan Mandiri Group,  selain itu ‘Y’ seperti sumbu Y memperluas jejaring terhadap tech-community, investor, dan korporasi. Adapun ‘Z’ seperti sumbu Z menuju puncak tertinggi kesuksesan bisnis, ” ungkapnya. 

Terdapat sekitar 23 startup binaan MCI yang diundang dalam program Y-Axis, yakni MTI / Yokke, PTEN, LinkAja, FitAja, GoTo, dan beberapa startup lainnya. Nantinya, ke-23 startup tersebut berkesempatan untuk berdiskusi agar bisa saling terintegrasi dengan ekosistem Mandiri Group, Korporasi dan BUMN serta perwakilan dari Mandiri Group. 

Turut menambahkan, Chiragh Kirpalani selaku Founder dan Direktur dari Ayoconnect mengatakan, “Ayoconnect melihat program Y-Axis sebagai sebuah peluang untuk mendekatkan diri dengan ekosistem Mandiri Group yang telah memiliki reputasi dan jangkauan yang luas. Tidak hanya untuk memperluas jejaring, kerja sama ini juga memungkinkan kami untuk saling berbagi inovasi dan menggabungkan keahlian demi mencapai sinergi yang saling menguntungkan. Kami berharap program ini dapat menciptakan lebih banyak peluang untuk berkolaborasi dan membawa dampak positif bagi lebih banyak pihak,” ungkap Chiragh.

Dalam program Y-Axis, beberapa anak usaha dari Mandiri Group termasuk PT Bank Mandiri Taspen dan PT Mandiri Tunas Finance, bersama dengan BUMN dan perusahaan swasta seperti PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Pupuk Indonesia (Persero) Tbk., Sinarmas, Pertamina Holding, serta Telkomsel juga ikut serta dalam menghadiri program Y-Axis ini. Acara tersebut turut menampilkan 12 sesi business matchmaking yang melibatkan startup, BUMN, dan korporasi sebagai bentuk diskusi awal kolaborasi bisnis. 

Selain dari program Y-Axis, Mandiri Capital Indonesia juga menawarkan program lain yang mendukung kolaborasi dan integrasi antara startup dan ekosistem Mandiri Group. Salah satunya adalah Zenith Accelerator, sebuah program akselerasi selama tiga bulan yang bertujuan memfasilitasi integrasi dan sinergi dengan Mandiri Group.

Mandiri Capital Indonesia juga memiliki program Xponent, sebuah program yang bertujuan menghubungkan startup dengan ekosistem Mandiri Group melalui kegiatan matchmaking bisnis. Batch ketiga dari program Xponent dijadwalkan akan diadakan pada November 2023.

***

Tentang Mandiri Capital Indonesia

PT Mandiri Capital Indonesia (“MCI”) adalah anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang modal ventura yang bertindak sebagai penghubung atau jembatan antara Mandiri Group dan startup untuk mendorong inovasi dan inisiatif sinergi. MCI berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di digital ekosistem Indonesia dan juga berinvestasi pada startup yang memiliki keselarasan inovasi dan sinergi dengan Mandiri Group. Didirikan pada tahun 2015, MCI telah berinvestasi dan menjalin kemitraan antara portfolio kami dengan Mandiri Group. Sejumlah portofolio MCI saat ini antara lain yaitu: AgriAku, Amartha, Ayoconnect, Bukalapak, Cakap,Crowde, FitAja!, GoTo, Greenhope, Halofina, Investree, iSeller, Kecilin, Koinworks, LinkAja, Mekari, PrivyID, PTEN, Qoala, Sinbad, Yokke. Selain itu, MCI juga mendukung startup melalui beberapa program unggulan seperti Xponent untuk kolaborais dan Zenith untuk akselerasi. 

Tentang Ayoconnect, www.ayoconnect.com

Didirikan pada tahun 2016, Ayoconnect adalah platform Open Finance API terbesar di Asia Tenggara. Ayoconnect membangun solusi berbasis teknologi yang lengkap dengan misi memberdayai perusahaan terdepan saat ini dan calon unicorn di masa mendatang. Solusi embedded finance dan data yang Ayoconnect miliki membantu perusahaan  dari berbagai skala meluncurkan layanan perbankan, pinjaman, dan pembayaran dengan mudah dalam waktu beberapa minggu saja. Solusi teknologi Ayoconnect telah dipercaya oleh lebih dari 200 institusi, termasuk Lembaga keuangan dan perusahaan teknologi ternama di Indonesia seperti BRI, Bank Mandiri, DANA, dan Bukalapak.

Berkantor pusat di Jakarta, Indonesia, Ayoconnect didukung oleh beberapa perusahaan modal ventura terkemuka termasuk BRI Ventures, Mandiri Capital Indonesia, Tiger Global, SIG, PayU dan Mastercard.–

Best regards,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Listrik EQE SUV Baru , Jakarta-Solo Nggak Butuh Casan

KORANBOGOR.com-Seiring dengan tren Mobil Listrik yang makin diterima masyarakat,Mercedes Benz makin pede menjual mobil bertenaga setrumnya ke Indonesia. Terharu, Mercedes-Benz...

Berita Terkait