Menkes:Pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Masa Kehamilan

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menkes Budi Gunadi Sadikin menekankan upaya pencegahan stunting harus dilakukan sejak sebelum bayi dilahirkan, pada masa kehamilan.

Dikutip dalam siaran pers, Selasa (17/10), Budi menyampaikan kebutuhan gizi ibu pada masa kehamilan harus dipastikan terpenuhi untuk mencegah kelahiran anak dengan risiko stunting, kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

“Ibunya kalau kekurangan gizi hampir pasti anaknya pun stunting,” kata Budi sembari menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi anak sejak berada di dalam kandungan.

Guna mencegah stunting pada anak, ia mengatakan, ibu juga harus dipastikan dalam keadaan sehat sebelum dan semasa hamil.

Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan para ibu menjalani minimal enam kali pemeriksaan selama kehamilan.

“Dulunya ibu hamil kontrol empat kali, sekarang jadi enam kali dengan tambahan (periksa) USG,” kata Menkes sembari menambahkan alat pemeriksaan USG sudah disediakan di Puskesmas-Puskesmas.

Pemeriksaan kehamilan diperlukan untuk menilai kesehatan ibu dan janin selama kehamilan serta mendeteksi dini masalah komplikasi mater

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mobil Listrik Ferrari Dibanderol Rp 9 Miliar

KORANBOGOR.com-Bocoran terkait mobil listrik pertama Ferrari mulai banyak bermunculan. Kali ini mengenai harga jualnya yang pastinya akan mahal seperti...

Berita Terkait