Jika Terpilih,Prabowo-Gibran Akan Perketat Izin Masuk Tenaga Kerja Asing

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berjanji memperketat izin masuk bagi tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia apabila mereka berhasil memenangkan Pilpres 2024.

Janji itu merupakan bagian dari misi Prabowo-Gibran meningkatkan lapangan kerja berkualitas bagi rakyat Indonesia.

“Memperketat masuknya TKA melalui pembentukan Satgas Pengawasan TKA untuk melindungi tenaga kerja dalam negeri,” kata Prabowo-Gibran dalam dokumen visi-misi mereka dikutip di Jakarta pada Sabtu (28/10/2023).

Seturut dengan itu, mereka juga berjanji menciptakan lapangan kerja baru sebanyak mungkin. Lapangan kerja baru itu diutamakan untuk tenaga kerja lokal guna mengurangi jumlah pengangguran di Tanah Air.

Sebagai catatan, masuknya TKA dalam jumlah besar merupakan kritik yang kerap diterima Pemerintahan Presiden Jokowi. Kritik semakin menjadi-jadi karena mayoritas TKA yang masuk ke Indonesia berasal dari Cina.

Menurut catatan Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pekerja asing sebanyak 88.271 sepanjang 2021. Mayoritas atau 37.711 di antaranya berasal dari Republik Rakyat Cina.

Memasuki tahun 2022, kedatangan TKA kembali melonjak. Tercatat ada 110.833 TKA pada Oktober 2022. Sebanyak 51.600 orang di antaranya merupakan TKA asal Cina.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra sempat melontarkan kritikan keras terhadap Presiden Jokowi atas persoalan banjir TKA China ini pada Februari 2023. Kritikan disampaikan jauh sebelum Yusril dan PBB memutuskan mendukung duet Prabowo-Gibran.

Yusril menyampaikan kritikan usai isu TKA Cina ramai menjadi bahan berita dan agitasi hingga propaganda di media sosial. Menurut dia, pemerintah tidak boleh berdiam diri menghadapi persoalan ini.

“TKA Cina bebas-bebas masuk tanpa pengawasan ketat dan seleksi yang hati-hati terhadap jenis pekerjaan yang boleh dilakukan TKA. Ini bukan saja menimbulkan masalah ketenagakerjaan, melainkan juga masalah sosial dan politik yang rawan serta menjadi ancaman stabilitas,” ujar mantan Menteri Hukum dan HAM itu.

“Tidak semua beritanya sesuai fakta, tetapi hal-hal seperti ini mudah mempengaruhi orang awam dan membuat suasana menjadi tegang. Pemerintah tidak boleh berdiam diri menghadapinya,” kata pakar hukum tata negara itu menambahkan.

Pasangan Prabowo-Gibran juga  menjamin bahwa mereka tidak akan mengintervensi penindakan kasus-kasus korupsi apabila berhasil menjadi presiden pada 2024. Komitmen itu adalah bagian dari misi mereka mereformasi sistem hukum Indonesia.

“Menjamin untuk tidak mengintervensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman dalam penegakan kasus-kasus korupsi,” kata Prabowo-Gibran dalam dokumen visi-misi mereka, dikutip Sabtu.

Kendati begitu, mereka ingin pemberantasan korupsi diprioritaskan pada sektor yang berkaitan langsung dengan kehidupan rakyat dan sumber daya. Di antaranya, sektor pertanian, perdesaan, perikanan, pendidikan, kesehatan, kehutanan, sumber daya alam (SDA), dan perburuhan.

Karena itu, mereka berjanji memperkuat KPK penegak hukum. “Memperkuat gerakan pemberantasan korupsi secara lebih sistematis dengan memperkuat KPK, kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman,” kata Prabowo-Gibran.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi juga menjadi salah satu dari 17 program prioritas Prabowo-Gibran. Mereka mengatakan, persoalan tersebut menjadi prioritas karena praktik korupsi mengakibatkan rusaknya perekonomian negara dan sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Menurut politisi senior dan junior itu, pemberantasan korupsi harus seimbang antara pencegahan dan penindakan. Pemberantasan korupsi yang seimbang menitikberatkan pada menghilangkan keuntungan pada pelaku sekaligus mengupayakan pemulihan kerugian keuangan negara.

“Bila kebijakan ini dapat dilakukan dengan seksama, maka akan diperoleh manfaat ekonomi yang merata dan efisien, tambahan pembiayaan pemerintah serta percepatan kemajuan negara,” kata pasangan capres-cawapres yang didukung sembilan partai politik itu.

Prabowo dan Gibran telah didaftarkan sebagai pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI pada Rabu (25/10/2023). Mereka sudah melakukan tes kesehatan menyeluruh yang merupakan syarat agar bisa ditetapkan sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024, dan dinyatakan lolos.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 Akan Digelar Bulan Agustus

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Setelah sukses di musim perdananya tahun lalu,Porsche Sprint Challenge Indonesia akan segera memulai musim keduanya pada Agustus mendatang....

Berita Terkait