Pengamt Militer Dan Intelejen Heran,Jokowi Percepat Ganti Panglima TNI

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pengamat militer dan intelijen Connie Rahakundini Bakrie mempertanyakan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

Sebab, Connie menangkap kesan Jokowi seakan-akan mempercepat pergantian Laksamana Yudo dari pos Panglima TNI.

“Ini buat saya aneh, kenapa mesti dipercepat,” kata dia kepada awak media di Jakarta, Senin (30/10).

Adapun, Laksamana Yudo resmi memasuki masa purnatugas dari dinas kemiliteran pada 1 Desember 2024. Namun, Jokowi pada Senin ini telah mengirim surat kepada DPR yang isinya meminta persetujuan parlemen terhadap penunjukkan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI.

Menurut Connie, Laksamana Yudo selama menjabat Panglima TNI tidak punya catatan negatif, bahkan eks KSAL itu dianggap punya rekam jejak yang mentereng.

Semisal, kata dia, Laksamana Yudo perlahan sudah mampu mengubah doktrin pertahanan Indonesia menjadi outward looking defence.

“Saya tidak melihat Pak Yudo berbuat apa-apa yang buruk, tidak berbuat sebuah kesalahan atau apa pun, malah beliau menghasilkan sebuah warisan yang hebat, ya,” kata Connie.

Dia memang tidak mempermasalahkan kapabilitas Jenderal Agus memimpin organisasi militer, tetapi menyoroti keputusan Jokowi yang mempercepat pergantian Panglima TNI.

Namun, katanya, langkah Jokowi mempercepat pergantian Panglima TNI memunculkan pertanyaan publik ketika Laksamana Yudo punya hasil kerja yang positif.

“Saya perlu tahu, rakyat mesti tahu kenapa percepatan ini terjadi,” kata Connie. Dia mengatakan Jokowi seharusnya membiarkan Laksamana Yudo diganti sebagai Panglima TNI jelang 1 Desember atau sebelum purnatugas.

“Kenapa, sih, enggak diteruskan saja, kecuali Pak Yudo melakukan yang salah,” katanya


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Listrik EQE SUV Baru , Jakarta-Solo Nggak Butuh Casan

KORANBOGOR.com-Seiring dengan tren Mobil Listrik yang makin diterima masyarakat,Mercedes Benz makin pede menjual mobil bertenaga setrumnya ke Indonesia. Terharu, Mercedes-Benz...

Berita Terkait