Gerakan PINK Gaspol Dukung Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Gerakan Pink (Perempuan untuk INdonesia Kuat) atau PINK Movement, yang digagas sekelompok relawan pendukung Ganjar-Mahfud, diperkenalkan secara luas kepada masyarakat melalui simbol tagar #2024AtikohIbuNegara.

Dari pilpres ke pilpres, kaum perempuan menjadi sasaran yang sangat diperhitungkan dalam mendulang suara bagi capres/cawapres Republik Indonesia.

Istilah ‘emak-emak’ menjadi begitu viral karena di pilpres 2019 partisipasi perempuan begitu signifikan.

Menurut data Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum jumlah pemilih perempuan adalah 102,58 juta dan laki-laki 102,21 juta.

Perempuan adalah kelompok pemilih yang cermat dan kritis dalam menentukan capres/cawapres pilihannya.

“Kita semua tahu bahwa perempuan pada akhirnya menjadi faktor sentral dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Perempuan adalah tulang punggung keberlangsungan sebuah keluarga, baik secara sosial maupun secara ekonomi,” kata Donna H. Pediarto, salah satu penggagas PINK Movement.

“Di setiap pilpres, isu-isu perempuan selalu menjadi topik yang dikedepankan. Ironisnya begitu pilpres berlalu,waktu 5 tahun menuju pilpres berikutnya menjadi waktu yang begitu lambat dan lama bagi kaum perempuan.

Perempuan dan anak-anak kembali menjadi bagian dari masyarakat yang tertinggal atau bahkan ditinggalkan dalam berbagai aksi dan kebijakan yang tidak berpihak,” lanjut Donna.

Gerakan Pink atau PINK Movement mengajak seluruh orang Indonesia menyatukan semangat dan kepedulian serta keberpihakan pada perempuan dan anak-anak.

Atikoh Ganjar Pranowo adalah sosok perempuan yang sejak lama sudah berkutat dengan bersungguh-sungguh dalam upaya mencari solusi pada isu-isu perempuan dan anak-anak, yaitu: kesehatan Ibu dan Anak,penegakan hukum untuk kekerasan pada perempuan, tingkat kesenjangan gender di dunia kerja, di bidang politik dan ekonomi, serta pemenuhan hak-hak anak.

Ibu Atikoh juga sangat peduli dan terjun langsung dalam banyak giat yang berfokus pada isu parenting dan kesehatan mental anak dan remaja.

Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin yang sudah punya rekam jejak, wawasan gender serta keberpihakan dan pengentasan problema kaum perempuan dan anak-anak.

“Melalui tagar #2024AtikohIbuNegara, kami mengajak seluruh anak bangsa memahami pentingnya peran Ibu Negara pendamping capres dalam menangani isu-isu perempuan dan keluarga.

Kami juga mendorong seluruh perempuan Indonesia untuk aktif bergiat dan peduli dengan dinamika politik yang berkembang saat ini, karena peran serta perempuan sangat menentukan masa depan NKRI,” kata Rulita Anggraini dari PINK Movement.

Hingga saat ini sosok Ganjar Pranowo merupakan capres yang lebih populer di kalangan pemilih perempuan.

Gerakan yang direpresentasikan melalui sosok Atikoh dan warna PINK ini juga melibatkan partisipasi berbagai organ dan komunitas relawan pendukung Ganjar-Mahfud, terutama dari kelompok perempuan yang bergerak bersama menyuarakan kekuatan perempuan dalam pilpres tahun depan.

“Warna PINK bukan warna aspirasi politik tertentu dan tidak berafiliasi dengan kelompok politik manapun. PINK menyatukan aspirasi yang berpihak pada perempuan. Mari bersatu dalam warna PINK. Ekspresikan dengan PINK!” ujar Chicha Koeswoyo, salah satu penggerak PINK Movement.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPK : 4 Pimpinan DPRD Jatim Tersangka

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Empat pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengembangan penyidikan perkara yang...

Berita Terkait