Kasus Cacar Monyet Meningkat ,Waspadai Ciri-Cirinya

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Penyakit Cacar monyet atau monkeypox tengah menjadi  buah bibir di masyarakat saat ini. Bukan tanpa sebab, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut kasus cacar monyet terus mengalami peningkatan hingga 24 kasus di Jakarta. Untuk itu, kita perlu mengenali ciri- ciri dari  infeksi virus cacar monyet ini.

Cacar monyet sebenarnya mempunyai ciri- ciri yang mirip dengan cacar air yakni, penderita cacar monyet merupakan kondisi yang dapat ditularkan melalui droplets atau air liur. Namun, terdapat beberapa hal yang menjadi pembeda bagi penderita cacar monyet.

Pembeda utama antara gejala cacar monyet dengan cacar air adalah cacar monyet dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening, sedangkan cacar air tidak.

Virus cacar monyet juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka dari orang yang terhinfeksi. Bahkan, virus ini dapat  menular melalui bahan yang terkontaminasi oleh virus, seperti pakaian.

Selain itu, virus cacar monyet ini juga dapat menular melalui sentuhan dengan hewan yang terinfeksi melalui gigitan atau cakaran.

Melansir laman resmi kemenkes.co.id, berikut ciri- ciri dan tanda pada penderita cacar monyet:

  • Sakit kepala
  • Demam akut hingga suhu 38,5 derajat delsius
  • Limfadenopati atau pembesaran kelenjar getah bening
  • Mengalami nyeri otot dan sakit punggung
  • Melemahnya tubuh atau Asthenia
  • Terdapat benjolan berisi air atau nanah pada sekujur tubuh

Penderita cacar monyet akan mengalami  demam dalam satu sampai tiga hari dan ruam yang muncul mulai dari wajah, kemudian menyebar ke area tubuh lain. Biasanya, penyakit cacar monyet akan berlangsung selama dua hingga empat minggu.

Organisasi Kesehatan dunia atau WHO telah menyatakan penyakit cacar monyet ini sebagai kondisi yang darurat. Terbukti, di Afrika penyakit cacar monyet telah menyebabkan kematian pada satu dari 10 orang yang terinfeksi oleh penyakit ini.

Oleh sebab itu, jika mengalami ciri- ciri  cacar monyet di atas, sebaiknya langsung periksa ke dokter untuk mendapat penanganan serta perawatan yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tampil Memukau,Celine Dion Di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

KORANBOGOR.com-Penyanyi Celine Dion memukau penonton yang hadir dalam acara pembukaan Olimpiade Paris2024, Sabtu (27/7) dini hari WIB tepat setelah penyalaan obor Olimpiade,  Lady...

Berita Terkait