PDI Perjuangan Dorong Pemerintah Indonesia Tekan DK PBB Untuk Lakukan Gencatan Senjata di Gaza

Harus Baca

KORANBOGOR.COM,JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menyoroti konflik antara tentara Israel dengan Palestina yang berlangsung tepat sebulan ini. Said menyebut selama sebulan itu pula Israel telah menyerbu ke jalur Gaza, dalam melakukan pengeboman secara membabi buta di kawasan Palestina. 

Bahkan, Lebih dari 10 ribu warga Palestina menjadi korban nyawa penyerbuan Israel di Palestina. Karena itu, Said meminta pemerintah Indonesia melobi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memaksa gencatan senjata di Gaza.

“Indonesia bisa menempuh cara-cara ekstraordinasi untuk menekan DK PBB meloloskan resolusi konflik, seperti menggalang kekuatan kekuatan strategis seperti di ASEAN dan OKI,” kata Said kepada wartawan, Sabtu (11/11).

Ia menekankan,DK PBB harusnya bisa bertindak preventif, menengahi, dan menjadi polisi dunia, dalam menyelesaikan konflik. Namun, ia menyesalkan adanya sidang DK PBB pada 18 Oktober 2023, Amerika Serikat buru buru melakukan veto, tiada keputusan dan tindakan yang bisa dilakukan oleh DK PBB

Bahkan pada sidang lanjutan 6 November 2023 lalu, kata Said, DK PBB juga kembali gagal meloloskan keputusan resolusi konflik antara Israel dan Palestina Hal ini karena Amerika  Serikat kembali menggunakan hak vetonya.

“Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) seperti macan ompong. Pada Jumat 27 Oktober 2023 Majelis Umum PBB sebagai forum tertinggi PBB telah mengambil voting, sebanyak 120 negara mendukung resolusi gencatan senjata, 14 negara menolak dan 45 negara abstain. Artinya Majelis Umum PBB memutuskan dilakukan gencatan senjata, namun resolusi ini seperti melukis langit, keputusan yang tiada artinya di lapangan,” papar Said.

Namun, Said mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi kemasyarakatan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina . “Menghadapi bukunya jalan keluar soal perang berdarah di Palestina ini, saya mengharapkan pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah-langkah yang lebih progresif,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mobil Listrik Ferrari Dibanderol Rp 9 Miliar

KORANBOGOR.com-Bocoran terkait mobil listrik pertama Ferrari mulai banyak bermunculan. Kali ini mengenai harga jualnya yang pastinya akan mahal seperti...

Berita Terkait