Manfaat Donor Darah Bagi Tubuhmu

Harus Baca

KORANBOGOR.COM –Donor darah¬†atau proses dimana kita menyumbangkan darah yang kita miliki untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Bahkan, dalam satu donasi darah yang kita lakukan, dapat menyelamatkan hingga 3 (tiga) nyawa.

Kegiatan donor darah sendiri juga merupakan salah satu cara kita untuk bisa memberikan harapan hidup kepada orang lain, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan.

Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita

Selain bermanfaat untuk orang lain, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara fisik maupun mental, diantaranya adalah:

Manfaat Donor Darah Secara Fisik

1. Meminimalisir risiko Penyakit jantung,

2. Dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh,

3. Menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh,

4. Dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

 

Manfaat Donor Darah Secara Mental

1. Mengurangi stres,

2. Mengurangi perasaan negatif,

3. Meningkatkan kesejahteraan emosi,

4. Menurunkan rasa terasingkan.

Dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis, karena petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah.

Dengan berbagai manfaat donor darah yang telah disebutkan diatas, diharapkan mampu memberikan dorongan kepada kita dan seluruh masyarakat untuk mengikuti program donor darah.

Tidak harus di Unit Transfusi Darah (UTD) donor darah juga bisa dilakukan di berbagai tempat yang mengadakan program donor darah, sehingga dapat memudahkan masyarakat yang ingin mengikuti program donor darah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gerakan Rakyat Memaklumatkan Pemakzulan Presiden Jokowi & Tolak Hasil Pemilu

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Sekelompok aktivis yang tergabung dalam Gerakan Aksi Rakyat Gugat  Pemilu2024 mengeluarkan maklumat untuk mempersoalkan pemilihan umum dan hasilnya. Gerakan itu...

Berita Terkait