KPU Rampung Susun Jadwal Debat Capres-Cawapres

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan jadwal maupun format debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) usai mengadakan rapat dengan tim kampanye dari tiga pasangan calon pada Rabu (6/12). Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, lima dari tiga agenda yang digelar diperuntukkan untuk debat capres, sedangkan dua lainnya adalah debat cawapres.

– Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres,

– Debat kedua adalah debat untuk cawapres

-Debat ketiga adalah debat untuk capres,

-Debat keempat adalah debat untuk cawapres,

-Debat kelima atau terakhir itu adalah porsinya untuk debat capres,” urai Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta.

Ia mengatakan, tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua meliputi ekonomi, baik kerakyatan maupun digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/D, infrastruktur, dan perkotaan.

Adapun tema debat ketiga bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Untuk debat keempat,temanya adalah pembangunan berkelanjutan,sumber daya alam,lingkungan hidup,energi,pangan,agraria,masyarakat adat,dan desa.

Sedangkan tema debat terakhir meliputi kesejahteraan sosial,kebudayaan, pendidikan,teknologi informasi,kesehatan,ketenagakerjaan,sumber daya manusia, dan inklusi.

“Untuk debat pertama tanggal 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di Kantor KPU,” kata Hasyim.

Hasyim juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan panelis guna menyusun pertanyaan-pertanyaan maupun moderator yang akan mengendalikan jalannya debat.

Namun, KPU membuka kesempatan bagi tiga tim kampanye capres-cawapres untuk memberikan nama-nama panelis dan moderator pilihan masing-masing sebagai bahan usulan dan pertimbangan.

“Maksimal disampaikan kepada KPU dua hari lagi pada Jumat, 8 Desember 2023,” tandas Hasyim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Listrik EQE SUV Baru , Jakarta-Solo Nggak Butuh Casan

KORANBOGOR.com-Seiring dengan tren Mobil Listrik yang makin diterima masyarakat,Mercedes Benz makin pede menjual mobil bertenaga setrumnya ke Indonesia. Terharu, Mercedes-Benz...

Berita Terkait