7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Tanda tangan digital adalah bentuk tanda tangan elektronik yang digunakan dalam lingkungan digital atau elektronik.

Ini merupakan cara untuk menunjukkan persetujuan atau autentikasi dokumen atau pesan elektronik,mirip dengan tanda tangan fisik pada dokumen kertas. Namun, tanda tangan digital tidak berbentuk tulisan tangan nyata.

Sebaliknya,tanda tangan digital biasanya terdiri dari serangkaian kode atau karakter yang unik yang dihasilkan melalui algoritma kriptografi.

Tanda tangan digital digunakan untuk memastikan integritas dan keaslian dokumen atau informasi dalam lingkungan digital.Ini melibatkan proses enkripsi di mana dokumen atau pesan diberi kode digital yang hanya dapat diurai oleh penerima yang sah dengan menggunakan kunci kriptografi yang sesuai.

Tanda tangan digital juga mencatat waktu dan tanggal penciptaan atau penandatanganan dokumen,sehingga dapat digunakan untuk audit dan pelacakan.Mereka digunakan dalam berbagai konteks,termasuk bisnis,hukum, keamanan, dan transaksi online.Berikut kami bagikan beberapa cara untuk membuat tanda tangan digital yang mudah untuk Anda lakukan.

1.Membuat Tanda Tangan Digital di Microsoft Word Jika Anda saat ini sedang membuat dokumen di Microsoft Word dan ingin membuat tanda tangan digital dengan cepat,berikut adalah panduannya: Buka tab “Insert.” Di bagian “Text,” pilih “Signature Line.”Klik pada “Microsoft Office Signature Line” dan ini akan membuka kotak dialog “Signature Setup.”Isi data yang diminta,seperti nama penanda tangan,jabatan,alamat email,dan petunjuk tambahan,lalu klik “OK.” Klik kanan pada area yang dituju untuk tanda tangan,lalu ketikkan nama atau unggah gambar tanda tangan Anda.

2. Membuat Tanda Tangan Digital melalui CreateMySignature Kunjungi situs createmysignature.com menggunakan peramban web. Pilih opsi “Draw signature” yang terletak di sisi kiri layar. Buat tanda tangan sesuai keinginan Anda.Jika perlu,Anda juga dapat menghapusnya dengan mengklik ikon penghapus yang berada di pojok kanan atas layar.Setelah selesai membuat tanda tangan,klik tombol “Simpan” dan pilih opsi “Unduh.” Tanda tangan digital yang telah Anda buat akan secara otomatis disimpan dalam format file PNG. Selain membuat tanda tangan digital,Anda juga bisa menandatangani file PDF dengan tanda tangan digital dengan cara berikut: Buka createmysignature.com .Pilih “Sign PDF Document” di sebelah kanan layar. Pilih dokumen PDF yang ingin ditandatangani. File PDF akan muncul di layar,lalu pilih menu “Sign.”Buat tanda tangan sesuai keinginan, kemudian tekan “Save.” Tempatkan tanda tangan dengan cara menggeser ke halaman PDF yang diinginkan.Jika sudah, klik “Save” dan “Download.”

3.Membuat Tanda Tangan Digital melalui Signaturely Akses situs signaturely. com melalui peramban web Anda.Pilih opsi “Gambar Tanda Tangan Anda.” Inputkan tanda tangan Anda pada kotak yang telah disediakan. Anda memiliki fleksibilitas untuk mengatur warna,ketebalan,serta kemiringan tanda tangan. Untuk menyimpan tanda tangan digital,klik “Unduh eSignature.”

4. Membuat Tanda Tangan Digital dengan Docsketch Buka situs docsketch.com melalui peramban web.Pilih opsi “Buat Tanda Tangan.”Buat tanda tangan sesuai preferensi Anda.Anda juga dapat mengulang atau menghapus tanda tangan dengan mengklik tombol “Hapus.”Atur warna tanda tangan menggunakan fitur “Warna” yang terletak di bagian bawah kolom tanda tangan. Setelah selesai membuat tanda tangan,klik tombol “Simpan.” Jika Anda ingin mengubah latar belakang tanda tangan menjadi transparan,geser sakelar “transparent background.” Selanjutnya,klik “Unduh” untuk menyimpan tanda tangan.

5.Membuat Tanda Tangan Digital Menggunakan Foto Buat tanda tangan secara manual di atas kertas,usahakan menggunakan kertas putih polos.Foto tanda tangan yang sudah kamu buat,pastikan hasil fotonya jelas,terang,dan tajam. Buka aplikasi editing foto atau Microsoft Word.Kamu bisa mengedit foto tanda tanganmu dengan efek hitam putih.Atur juga kontras dan kecerahannya agar lebih jelas dan tajam. Jika menggunakan Microsoft Word,kamu bisa menghapus latar foto tanda tangan melalui tab Picture.Jika sudah,simpan tanda tangan tersebut atau tempatkan langsung pada dokumen yang kamu buat.

6.Membuat Tanda Tangan Digital dengan Signwell Akses situs signwell.com melalui peramban web Anda.Lakukan login menggunakan akun Anda.Jika belum memiliki akun,Anda dapat mendaftar dengan menggunakan akun Google. Isikan nama pengguna Anda.Klik opsi “Tanda Tangan.”Buat tanda tangan sesuai dengan preferensi Anda.Jika perlu menghapus tanda tangan, Anda dapat melakukannya dengan mengklik “Hapus.”Untuk mengubah ukuran tanda tangan,klik dan tarik kotak hijau yang tersedia.Setelah selesai,klik “Simpan” dan pilih format tanda tangan yang diinginkan.Di tab baru,klik “Unduh.”

7.Membuat Tanda Tangan Digital Menggunakan Privy Privy adalah salah satu aplikasi tanda tangan digital yang menggunakan QR code. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan verifikasi atau validasi tanda tangan pada dokumen.

Berikut langkah-langkah cara membuat tanda tangan digital menggunakan PrivyID:Buka aplikasi PrivyID.Jika Anda belum memiliki akun,Anda dapat membuat akun baru dengan memilih opsi registrasi.

Pilih “Tanda Tangan” dan klik “Tambahkan Tanda Tangan.” Anda dapat membuat tanda tangan digital dengan cara mengetikkan nama atau menggambar tanda tangan pada kolom yang disediakan

Tanda tangan digital akan disimpan dalam aplikasi tersebut dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pahlawan Kemenangan Jerman Di Piala Dunia 1990,Andreas Brehme Meninggal Dunia

KORANBOGOR.com-Pencetak gol kemenangan Jerman atas Argentina di Final Piala Dunia 1990 Italia,Andreas Brehme, meninggal dunia di usia 63 tahun. Gol tunggalnya...

Berita Terkait