Haul Ke-14 Gus Dur,Usung Tema Etika Demokrasi

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Tak terasa sudah 14 tahun lamanya Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur meninggalkan dunia. Tepat hari ini, Sabtu (16/12) diperingati sebagai Haul Gus Dur ke-14. Haul digelar di kediaman Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan.

“Malam ini kita akan membawakan tema Menggali Kepemimpinan Etika Demokrasinya Gus Dur,” kata Putri Gus Dur, Inayah Wahid.

Inayah mengatakan, tema tersebut sangat selaras dengan tahun politik 2024 yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, patut dikupas tentang kehidupan demokrasi setelah berjalan 25 tahun tahun pasca reformasi.

“Benar nggak sih sudah demokratis? Demokrasi itu beneran ada di Indonesia apa jangan-jangan dia juga cuman jadi salah satu gimik saja nih yang sering muncul, yang sering jadi jargon saja,” imbuhnya.

Pada haul kali ini juga akan disampaikan pemikiran-pemikiran Gus Durtentang demokrasi. Dengan begitu diharapkan bisa memberikan pemehaman yang baik kepada masyarakat.

Pada puncak acara akan disampaikan Amanah Ciganjur. Amanah ini disampaikan oleh perwakilan berbagai tokoh agama. Seperti Sinta Abdurahman Wahid, Romo Beni Susetyo, Pendeta Gumar Gultom hingga eks Menag Lukman Hakim Syaifuddin. 

“Karena penting banget hari ini urgent situasinya kayaknya, nggak tahu nih beneran demokrasi atau enggak, nah nanti itu yang akan mereka sampaikan, tuntutannya akan diberikan kepada KPU Dan Bawaslu dan DKPP,” kata Inayah.

Amanah Ciganjur ini diharapkan bisa disebar luaskan kepada capres, cawapres hingga caleg yang berkompetisi di Pemilu 2024. “Kita harapkan itu bisa menjadi amanah, makannya kenapa kita menyebutnya sebagai amanah Ciganjur nanti gitu. Jadi itu yang akan jadi puncak acara malam ini,” pungkas Inayah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Desak KPK Usut Sirekap KPU

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginvestigasi penggunaan anggaran untuk membuat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Desakan tersebut...

Berita Terkait