Ray Rangkuti Minta Bawaslu Periksa Gus Miftah Terkait Video Bagi-Bagi Uang

Harus Baca

Momen Gus Miftah bagi-bagi uang segepok dengan warga teriak nama capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (X/@iwantarigan)

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pengamat Politik Ray Rangkuti meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memeriksa Gus Miftah yang videonya viral karena membagi-bagikan uang kepada warga. Dalam video itu juga ada warga yang membawa kaus berwajah Prabowo.

Terlebih, Ray menyebut Gus Miftah diketahui mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kami meminta agar Bawaslu meminta keterangan Gus Miftah dan panitia acara tentang kegiatan yang dimaksud. Gus Miftah, beberapa bulan akhir-akhir ini, dikenal dekat dengan capres/cawapres 02,” kata Ray kepada wartawan, Jumat (29/12/2023).

“Dalam kegiatan dimaksud terdengar teriakan dan ayunan kaos yang melambangkan citra diri dari capres/cawapres 02,” tambah dia.

Menurut dia,dalam video tersebut mengindikasikan praktik politik uang yang merupakan pelanggaran berat dalam pemilu.

Meski Gus Miftah sudah menyampaikan bantahannya, Ray menganggap hal itu tidak menghilangkan dugaan adanya politik bagi bagi uang .

“Bantahan yang dapat diterima secara tepat adalah melalui keterangan Bawaslu alias pasca Bawaslu memeriksa acara tersebut,” ujar Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) tersebut.

Untuk itu, Ray menegaskan perlunya peran Bawaslu untuk memastikan ada atau tidaknya praktik politik bagi-bagi uang yang dilakukan Gus Miftah.

“Oleh karena itulah, Bawaslu segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa acara itu tidak mengandung unsur politik uang sekaligus mendorong agar segala bentuk acara yang menabur uang, untuk sementara tidak melibatkan siapapun yang terikat dengan capres/cawapres manapun. Karena hal itu sangat riskan mengundang terjadinya politik uang,” tandas dia.

G

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

ABIJIRO – LAKUKANLAH

KORANBOGOR.com-Pertengahan tahun 2024, ABIJIRO penulis dan pencipta lagu merilis satu karya terbaru.Karya musik ini adalah single ke empat yang...

Berita Terkait