7 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Sawo merupakan buah tropis lezat, yang termasuk ke dalam famili Sapotaceae dengan nama ilmiah Manilkara zapota. Tak hanya kezat, sawo juga dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Sawo sendiri mengandung tinggi kalori dengan menyediakan 83 kalori per 100 gram. Sehingga bisa menjadi sumber serat yang baik.

Kandungan vitaminnya juga beragam, mulai dari vitamin A, vitamin C, niasin, folat dan asam pantotenat. Selain itu, kandungan mineral dalam sawo terdapat mineral, zat besi, kalium, dan tembaga.

Senyawa tanin pada sawo memiliki efek sebagai antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antiparasit yang kuat. Banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi dalam sawo menjadikannya buah yang bermanfaat. Berikut ini manfaat sawo yang masih jarang diketahui!

1. Meningkatkan kesehatan usus

Dilansir dari Net Meds (5/1), senyawa tanin alami dari sawo mengandung polifenol yang dapat menetralkan sekresi asam di usus.

Sifat antiparasit, antivirus, dan anti inflamasi yang kuat dapat menenangkan perut yang teriritasi, mengobati maag, dan gangguan pencernaan lainnya.

Kandungan serat dalam sawo juga baik sebagai obat anti sembelit dan menurunkan infeksi pada usus.

2. Tulang yang sehat

Kandungan kalsium, fosfor, zinc, dan zat besi dalam sawo membantu memperkuat tulang. Asupan sawo secara teratur bisa meningkatkan kualitas tulang.

Usia yang semakin tua dan kurangnya kandungan zinc dalam makanan dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

3. Meningkatkan imunitas dan energi

Sawo mengandung sebagian besar vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang berperan penting dalam memicu sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, sawo juga kaya akan fruktosa dan sukrosa dengan memberi sumber energi instan untuk kamu. Buah ini juga cocok dikonsumsi setelah olahraga, karena sawo bisa mengembalikan energi ke dalam tubuh secara cepat dan alami.

. Baik untuk kulit dan rambut

Dikutip dari Health Shots, jus sawo jika dikonsumsi secara teratur bisa membantu menjaga kulit dan kulit kepala agar tetap ternutrisi, serta membantu pertumbuhan rambut. Buah ini juga efektif dalam mengobati kerontokan rambut. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang melimpah pada sawo menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu meremajakan sel-sel kulit mati.

5. Sebagai antikanker

Sawo mengandung antioksidan yang baik menurunkan risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin A dan vitamin B membantu menjaga kesehatan lapisan lendir dan menurunkan risiko kanker paru-paru dan mulut. Serat yang kaya dalam buah berwarna cokelat ini juga membantu menjaga kesehatan usus, sekaligus melindungi tubuh dari kanker usus besar.

6. Mengontrol tekanan darah

Sawo menjadi buah yang sangat direkomendasikan untuk kamu penderita darah tinggi, karena kemampuannya untuk mengendalikan tekanan darah. Hal ini karena sawo mengandung banyak potasium, yang dapat menurunkan kadar natrium, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengatur tekanan darah.

7. Sebagai anti-inflamasi

Kandungan tanin atau senyawa polifenol yang tinggi dalam sawo menjadikan buah ini sebagai anti-inflamasi yang kuat. Sawo membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esophagitis, enteritis, sindrom iritasi usus besar, dan maag.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Piala Eropa 2024 : Belanda VS Polandia,Malam Ini

KORANBOGOR.com-Timnas Polandia akan menjamu Timnas Belanda pada pertandingan Grup D, Euro2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6) pukul 20.00 WIB. Pelatih...

Berita Terkait