Jika Pilpres2024 Dua Putaran Kolaborasi Capres 03 dan Capres 01,Bisa Menjadi Kekuatan Besar

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pengamat politik Adi Prayitno menilai kolaborasi antara kubu Capres RI Anies Baswedan dan Capres 03 Ganjar Pranowo bila Pilpres 2024 dua putaran bisa menjadi kekuatan besar.Menurut direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia itu,ada dua kemungkinan bisa terjadi antara dua kekuatan politik di belakang Anies dan Ganjar bila salah satu dari mereka tidak lolos ke putaran dua.

“Pertama,bukan tidak mungkin jika ada putaran dua,kubu ini bisa saling berkoalisi karena sama-sama merasa senasib sepenanggungan ‘dimarjinalkan’ secara politik,” kata Adi Prayitno, Selasa (16/1).

Terlebih, wacana bergabungnya kubu Anies dan Ganjar makin menguat setelah pelaksanaan debat capres terakhir. Hal itu terjadi lantaran keduanya terkesan kompak mengkritisi kebijakan pertahanan ketiga debat dengan Capres 02 yang juga Menhan RI Prabowo Subianto.

Setelah debat capres, Anies dan cawapresnya, Muhaimin Iskandar juga terlihat akrab berbicara dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Baik Anies maupun Ganjar juga sama-sama merespons positif wacana kerja sama yang mungkin terjalin di Pilpres putaran kedua. Di sisi lain,Anies juga tidak sungkan melontarkan pujian untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat HUT parpol berlambang banteng moncong putih.

Menurut Anies, Presiden Kelima RI itu adalah sosok yang konsisten menjaga demokrasi di Indonesia.

Nah, Adi menilai respons kubu Anies maupun Ganjar terkait kemungkinan mereka berkolaborasi, merupakan wujud kenyamanan dan persahabatan secara politik antara mereka.

Hal kedua,kata Adi sinyal bersatunya pendukung Anies dan Ganjar di Pilpres 2024 putaran dua bisa menjadi prolog menuju kerja sama politik setelah pilpres.”Pemilu 2024 selain pilpres, tentunya soal komposisi kekuatan parlemen juga pasti diincar semua kekuatan politik,” tutur Adi.

Bila parpol pendukung Anies dan Ganjar benar-benar bersatu, kata Adi, maka mereka bakal menjelma menjadi kekuatan politik besar baik di pilpres putaran kedua, maupun di parlemen.

“Di pilpres misalnya, andai dua putaran, kubu 01 dan 03, kalau nyata (berkolaborasi) akan menjadi kekuatan dahsyat.Begitupun ketika mereka menyatu di parlemen akan jadi kekuatan yang juga hebat,”ujar Adi Prayitno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Listrik EQE SUV Baru , Jakarta-Solo Nggak Butuh Casan

KORANBOGOR.com-Seiring dengan tren Mobil Listrik yang makin diterima masyarakat,Mercedes Benz makin pede menjual mobil bertenaga setrumnya ke Indonesia. Terharu, Mercedes-Benz...

Berita Terkait