Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SD YPPK  St. Yakobus

Harus Baca

KORANBOGOR.com,TIMIKA-Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus guna meningkatkan wawasan,khususnya keikutsertaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dini,Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-03/Kuala Kencana Koptu Alfaris Kumiyu berkoordinasi dengan guru untuk memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SD YPPK ST. Yakobus di Kp. Iwaka, Distrik Iwaka, Kab. Mimika, Sabtu (20/01/2024).

Dalam keterangannya, Koptu Kumiyu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan bekal dan kemampuan awal siswa-siswi agar diperoleh peningkatan rasa kecintaan terhadap tanah air serta rasa bela negara yang kokoh sejak dini,sehingga diharapkan kelak anak-anak tersebut dapat menghadapi tantangan terhadap pihak-pihak yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Terlebih dalam era digitalisasi yang berlangsung, mereka harus benar-benar disiapkan dengan baik mulai dari sekarang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Babinsa mengatakan bahwa nilai-nilai bangsa yang ada pada Pancasila tersebut harus ada ketika dihadapkan dengan perbedaan,mereka harus tahu seperti mendahulukan kepentingan umum,rela berkorban, optimisme, pantang menyerah, gotong-royong, dan nasionalisme.

Menurutnya, nilai-nilai bangsa Indonesia ini harus dipahami sebagai wawasan kebangsaan.Pancasila sebagai falsafah Indonesia yang menyatu secara utuh menjadi jiwa bangsa Indonesia.

Dan nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila, sebagai nilai ke-Indonesiaan serta sekaligus pendorong cita-cita Proklamasi.

“Generasi muda, harus berada di garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Dimana keutuhan bangsa akan tergantung dari para generasi mudanya untuk turut serta menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila,” pungkasnya.

Autentikasi: Pen Kodim 1710/Mimika

Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 Akan Digelar Bulan Agustus

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Setelah sukses di musim perdananya tahun lalu,Porsche Sprint Challenge Indonesia akan segera memulai musim keduanya pada Agustus mendatang....

Berita Terkait