TRANSFORMASI PEMUDA: MENGISI ULANG MIMPI

Harus Baca

KORANBOGOR.com,BOGOR-Ghazaly Imam Negoro owner bisnis @konveksiana.id dan Shiny Shoes merupakan Alumni awardee BAKTI NUSA angkatan 7 wilayah Bogor, sudah memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis sejak menjadi mahasiswa.

Dimulai dari bisnis pertamanya, @konveksiana.id, yang bergerak dalam produksi kaos, jaket, topi, tas kain, goodiebag dan merchandise berjalan baik hingga memiliki 10 karyawan. Dalam gelombang bisnis terkadang selalu ada yang menghantam dan menjatuhkan kapal.

@konveksiana.id pernah mendapat pengalaman tertipu oleh mitra besar, hal tersebut dikarenakan kerjasama yang dijalankan tanpa ada perjanjian tertulis hanya berdasarkan kepercayaan semata.

Perusahaan atau mitra tersebut memesan produk pakaian hingga ribuan potong dengan total nominal hingga Rp.100.000.000,00, namun ditengah proses memberikan perubahan sehingga nilai kerjasama dikurangi hingga 20% saja dari total nilai kerjasama di awal.

Pengalaman tersebut memberikan pukulan hebat kepada tim hingga @konveksiana.id terpuruk.

Terkadang pengalaman menyakitkan bisa menjadi awal titik balik seorang pengusaha muda sukses. Ghazaly bangkit setelah mengikuti MENTORING LEADER (2020) yang diselenggarakan oleh para alumni IPB University. Melalui mentoring ini, Ia memperoleh pelatihan dengan para mentor bisnis berpengalaman serta diberikan modal yang cukup untuk memulai sebuah bisnis baru.

Merintis bisnis kedua, @shinyshoes.id, sebuah bisnis jasa cuci tas dan sepatu profesional. Berawal dari melihat sebuah jasa bisnis cuci sepatu di daerahnya, ternyata melahirkan sebuah inspirasi. Ghazaly langsung menghitung biaya produksi, profit, bahkan mengikuti 2 kelas pebisnis jasa cuci sepatu di Jakarta dan Jogjakarta.

Shiny Shoes memberikan pelayanan perawatan sepatu, tas dan helm. Shiny Shoes dimulai dari sebuah toko kecil di daerah Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Setelah berjalan ternyata permintaan tinggi dari segmen pasar mahasiswa. Sehingga sudah sangat tepat dalam pemilihan lokasi toko yang berdekatan dengan kampus IPB University.Setelah sukses dengan toko pertama di Dramaga,Bogor.Ghazaly memberanikan untuk membuka dua cabang di Bubulak dan Laladon,Bogor serta satu lagi di Tangerang dalam waktu 2 tahun.

Ternyata strategi membesarkan bisnis Ghazaly tidak hanya dari menambah cabang tetapi dengan memformulasikan bahan-bahan pembersih sepatu atau shoe cleaner yang 95% organik sehingga dipastikan aman bagi bahan-bahan sepatu dan tas.

“Bisnis selalu membutuhkan riset, inovasi, dan aturan tertulis atau SOP. Ide selalu menjadi barang mahal saat memulai bisnis tentu saja tidak lepas dari eksekusi dan evaluasi”, highlights dari Ghazaly.

“Bisnis itu mudah, 90% riset dan 10% eksekusi”, tambah Ghazaly. (RAU)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Truk Listrik Fuso eCanter Pertama Diserahkan Kepada Konsumen Yusen Logistic

KORANBOGOR.com,TANGERANG-Yusen Logistic menjadi konsumen pertama truk listrik Fuso eCanter. Penyerahan unit pun langsung dilakukan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian...

Berita Terkait