Tips : 15 Cara Menjaga kesehatan Tubuh Agar Tak Mudah Tertular Penyakit

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Walau banyak yang setuju jika kesehatan merupakan anugerah paling berharga, nyatanya kita seringkali hanya akan menyadarinya jika sudah terlanjur sakit. Padahal, ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai macam risiko penyakit.

Namun perlu diingat terlebih dahulu, menjalankan budaya hidup sehat itu tak harus mahal dan tidak selamanya sulit. Untuk memahami bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh lebih lanjut, simak langsung pembahasan rincinya dalam artikel di bawah ini!

15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Sejatinya, cara menjaga kesehatan tubuh dapat dimulai dari hal-hal kecil yang erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Beberapa di antaranya yaitu

1. Tidur yang cukup

Padatnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat banyak orang merasa harus begadang di waktu malam. Hal ini tentu akan membuat durasi waktu tidur berkurang. Padahal, ada banyak efek begadang yang kurang baik dan berakibat negatif bagi kesehatan Anda.

Kurang tidur dapat mengganggu pola sirkadian sehingga mengganggu konsentrasi dan produktivitas sehari-hari. Sementara dalam jangka panjang, kurang tidur dapat memicu risiko berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, segera perbaiki waktu tidur Anda dan beristirahatlah dengan cukup selama 7 hingga 9 jam per harinya.

2. Jaga kebersihan

Memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar kerap menjadi cara menjaga kebersihan tubuh yang dilewatkan. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti mandi setiap hari serta menutup mulut dan hidung dengan tisu saat bersin. Mudah, bukan?

3. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan dua jenis makanan dengan kandungan serat prebiotik, mineral, vitamin, serta berbagai zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi sayur memiliki risiko terserang penyakit jantung lebih rendah.

Secara lebih lanjut, para ahli pun menyarankan agar setengah dari isi piring Anda penuh dengan sayur dan buah.

4. Pertahankan berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih ataupun di bawah standar ideal pun dianggap dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum, cobalah untuk melakukan pengecekan IMT secara berkala.

Sebab, seseorang dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) di atas 30 berisiko mengalami berbagai gangguan sistemik. 

5. Biasakan untuk cuci tangan

Salah satu cara menjaga kesehatan yang tak kalah penting yaitu dengan membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Kita tidak pernah tahu, berapa banyak kuman dari benda-benda yang kita sentuh dan berpotensi masuk ke dalam tubuh.

Akibatnya, risiko penularan penyakit pun semakin meningkat. Anda disarankan untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah bersin atau batuk, dan juga sehabis menggunakan toilet. Cucilah tangan secara menyeluruh selama kurang lebih 20 detik.

6. Hindari junk food

Kelezatan junk food memang membuat banyak orang tergiur untuk mengkonsumsinya secara berlebihan tanpa disadari. Padahal umumnya, junk food banyak berisikan lemak jahat serta tidak mengandung banyak serat dan protein. Jadi sebaiknya, konsumsi secukupnya saja ya!

7. Rutin berolahraga 

Mempertahankan badan tetap aktif dengan rutin berolahraga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang tak boleh Anda lewatkan. Bukan hanya membuat badan menjadi bugar, melakukan latihan jasmani juga akan mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Hanya butuh minimal 15 menit dalam sehari, Anda bisa mulai berolahraga secara rutin dengan berjalan kaki, bersepeda, berenang, ataupun berlari pagi.

8. Lindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Indonesia merupakan negara dengan paparan matahari yang bersinar sepanjang tahun. Para ahli menyarankan Anda untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dengan lebih efektif. Kenakan juga pakaian berlengan panjang saat harus beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini penting mengingat sinar matahari dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan pada kulit.

9. Konsumsi multivitamin dan zat besi

Agar tetap fit dalam beraktivitas sehari-hari, Anda bisa mengkonsumsi multivitamin dan zat besi yang mampu menguatkan sistem daya tahan tubuh. Itu karena, zat besi berperan penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin ke dalam sel, jaringan, dan organ yang efektif dalam membantu proses penyembuhan luka tubuh.

Perlu diketahui, hemoglobin adalah protein di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Suplai oksigen yang kuat akan mencegah degenerasi dan kerusakan sel akibat iskemia jaringan.

10. Hindari rokok dan alkohol

Bukan hanya sekedar merusak paru-paru, rokok juga memicu berbagai gangguan di organ tubuh lainnya. Sedangkan alkohol sendiri, bila dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kemungkinan seseorang terserang infeksi bakteri dan virus.

11. Batasi asupan gula

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan berbagai risiko masalah kesehatan. Di antaranya yaitu penambahan berat badan yang tidak sehat, kerusakan gigi, dan tekanan darah tinggi. Cara menjaga kesehatan satu ini bisa Anda mulai dengan mengurangi membatasi asupan gula sehari-hari.

12. Kelola stres dengan baik

Meski termasuk hal yang umum terjadi, stres berlebih dapat memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar kortisol. Untuk mengelolanya dengan baik, coba lakukan hal favorit Anda atau melakukan hal-hal yang menenangkan seperti mempraktikkan teknik pernapasan seperti breathing exercise dan meditasi [1].

13. Jaga pola makan

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh turut berperan penting dalam menentukan kondisi kesehatan Anda. Tak hanya berkaitan dengan porsi yang dikonsumsi, menjaga pola makan juga berbicara soal jenis makanan itu sendiri. Jadi pastikan cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, serat, dan vitamin dalam makanan Anda sehari-hari ya!

14. Minum cukup air

Cara menjaga kesehatan tubuh ini tentu tak boleh Anda lewatkan. Tetap terhidrasi merupakan tanda bahwa tubuh Anda memiliki volume darah yang cukup dan dapat berfungsi secara optimal [2]. Namun pastikan, air yang Anda minum benar-benar aman sehingga mineral dan kualitasnya tetap terjaga sampai ke tangan Anda seperti AQUA.

Hanya AQUA yang setiap tetesnya telah melewati ratusan pemeriksaan untuk memastikan kandungan asli kebaikan alaminya tersimpan di dalam kemasan [3]. Jadi biasakanlah #AQUADULU sebelum memulai berbagai aktivitas ya!

15. Aktif bersosialisasi

Terlalu lama mengalami kesepian dianggap mampu memicu berbagai masalah kesehatan. Bahkan menurut suatu penelitian dari American Psychological Association menemukan bahwa isolasi sosial bisa meningkatkan risiko stres. Akibatnya, respon penyembuhan luka dan kekebalan tubuh pun menjadi berkurang.

Nah bagaimana, sekarang tentu Anda sudah paham bukan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat? Setelah mengetahuinya, kini saatnya Anda untuk memulai sekarang juga. Awali dengan hal-hal sederhana seperti #AQUADULU di segala aktivitas yang akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Salam sehat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hati-Hati Bangun Tangga di Rumah : Cek Pedoman Membangun Tangga yang Ideal dari Gravel

KORANBOGOR.com,JAKARTA-angga merupakan elemen penting dalam rumah yang menghubungkan antar lantai yang menjadi jalur lintas penghuni rumah. Namun, tahukah Anda...

Berita Terkait