MOU Antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Otoritas Ibu Kota Australia 

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Otoritas Ibu Kota Australia (NCA) dan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) hari ini menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama antara ibu kota Australia, Canberra, dan ibu kota baru Indonesia, Nusantara.

Kepala OIKN, Bambang Susantono, menandatangani MoU tersebut di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, sementara Chief Executive Officer NCA, Sally Barnes, menandatanganinya di Canberra. Keduanya kemudian ‘berjabat tangan virtual’ untuk mengukuhkan kesepakatan tersebut.

“Dalam Pertemuan Pemimpin Tahunan pada bulan Juli 2023, Perdana Menteri Albanese dan Presiden Jokowi menyambut baik kerja sama yang muncul antara Otoritas Ibu Kota Australia dan Otoritas Ibu Kota Nusantara Indonesia,” kata Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Steve Scott. “Nota Kesepahaman ini mewujudkan kolaborasi tersebut.”

Nusantara dan Canberra merupakan dua ibu kota negara yang direncanakan dan dirancang, sehingga MoU ini sangat unik dan relevan. MoU ini mencakup potensi pertukaran warga dan informasi, studi dan pameran bersama, dan kerja sama lainnya. Nota kesepahaman ini memperluas dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah Australia terhadap pembangunan Nusantara.

“Pemerintah Australia bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan Ibu Kota Nusantara,” kata Wakil Duta Besar Scott pada acara penandatanganan tersebut. “Kami terus bekerja sama dengan mengembangkan masterplan untuk memandu mobilitas perkotaan yang terjangkau, berkelanjutan, dan aman, serta melakukan penilaian lingkungan untuk meminimalkan dampak lingkungan. Nota Kesepahaman ini merupakan langkah terbaru dalam upaya kami untuk mendukung pembangunan Nusantara.”

Pertanyaan Media: Public-Affairs-JAKT@dfat.gov.au

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hati-Hati Bangun Tangga di Rumah : Cek Pedoman Membangun Tangga yang Ideal dari Gravel

KORANBOGOR.com,JAKARTA-angga merupakan elemen penting dalam rumah yang menghubungkan antar lantai yang menjadi jalur lintas penghuni rumah. Namun, tahukah Anda...

Berita Terkait