PBNU Tetapkan 1 Ramadan 1445 Hijiriyah Jatuh 12 Maret 2024

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah, jatuh 12 Maret 2024. Berdasarkan hasil pemantauan hilal di sejumlah lokasi, PBNU menilai posisi hilal belum memenuhi kriteria.

“Mulai dari Sorong sampai Banda Aceh sesuai dengan perhitungan hisab, bahwa ketinggian bulan menurut hasil hisab yang tertinggi di Banda Aceh masih sangat kecil nilainya yaitu 0 derajat 30 menit dan itu berarti belum memenuhi syarat,” kata Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Minggu (10/3).

“Sesuai perhitungan itu tim rukyat NU dari 38 titik di Indonesia itu tidak satu pun yang dapat menangkap atau melihat hilal,” sambungnya.

Oleh karena itu, PBNU menyatakan bahwa pada Senin (11/3) belum masuk awal Ramadhan. Melainkan, 1 Ramadhan 1445 Hijriah akan jatuh pada, Selasa (12/3).

“Maka mestinya besok hari Senin tanggal 11 Maret 2024, belum masuk Ramadhan. Hasil pengamatan dati tim lembaga falakiyah NU juga diserahkan secara real time kepada sidang isbat Kemenag RI, dan tentunya akan jadi pertimbangan dalam isbat Ramadhan 1445 H,” ucap Gus Yahya.

“Maka kita bisa mengharapkan bahwa keputusan isbat Ramadan akan menyatakan bahwa Ramadan dimulai atau tanggal 1 Ramadan 1445 H akan jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024,” lanjutnya.

Gus Yahya menekankan, PBNU mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim lembaga falakiyah yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

“Mengajak kepada seluruh umat Islam untuk mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh lahir batin di dalam memasuki Ramadan Insyaallah memulai puasa pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 yang akan datang,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Truk Listrik Fuso eCanter Pertama Diserahkan Kepada Konsumen Yusen Logistic

KORANBOGOR.com,TANGERANG-Yusen Logistic menjadi konsumen pertama truk listrik Fuso eCanter. Penyerahan unit pun langsung dilakukan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian...

Berita Terkait