BMKG Tetapkan 12 Provinsi Berstatus Siaga Dan Waspada

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan 12 provinsi di Indonesia berstatus siaga dan waspada lantaran berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Melalui laman resminya, BMKG menyebutkan daerah yang berstatus siaga meliputi, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Tengah.

Adapun, daerah yang berstatus waspada antara lain Lampung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Di luar itu, BMKG juga memprediksi, pada 15 Maret-16 Maret 2024, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan. Itu terjadi karena adanya intervensi tiga Bibit siklon tropis sekaligus.

Tiga bibit siklon tropis yang meliputi 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hati-Hati Bangun Tangga di Rumah : Cek Pedoman Membangun Tangga yang Ideal dari Gravel

KORANBOGOR.com,JAKARTA-angga merupakan elemen penting dalam rumah yang menghubungkan antar lantai yang menjadi jalur lintas penghuni rumah. Namun, tahukah Anda...

Berita Terkait