KARYA BATIK ECOPRINT DAN PEMANFAATAN POTENSI KEARIFAN LOKAL DI OBYEK WISATA KALINITI

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Obyek Wisata Kaliniti merupakan salah satu objek wisata yang berlokasikan di Dusun Kembangsari,Srimartani,Piyungan,Bantul, Yogyakarta menjadi tempat liburan dan hiburan keluarga.

Sebelum masa pandemi Obyek Wisata Kaliniti sudah beroperasi dengan menjajakan Ikan Wader. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan Obyek Wisata Kaliniti sebagai lapangan pekerjaan.

Akan tetapi semenjak adanya pandemi, Obyek Wisata Kaliniti sudah tidak beroperasi seperti sebelum pandemi,oleh karena itu kami mahasiswa PGG
Prajabatan Gelombang 2 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menumbuhkan kembali objek Wisata Kaliniti dengan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan tersebut yaitu dengan membuat proyek Karya Batik Ecoprint dan Pemanfaatan Potensi Kearifan Lokal di Obyek Wisata Kaliniti.

Kegiatan yang dilakukan ini untuk membantu obyek wisata kaliniti dan juga
memanfaatkan kearifan lokal yang ada.

Sebelum melakukan kegiatan, kami mahasiswa PGG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melaksanakan sosialisasi membuat karya batik ecoprint kepada ibu-ibu PKK Dusun Kembangsari RT.04 Srimartani, Piyungan,Bantul,Yogyakarta.

Setalah melakukan sosialisasi, kami melakukan pelatihan membuat karya batik ecoprint kepada ibu-ibu.Pembuatan batik ecoprint menggunakan bahan-bahan dengan memanfaatkan kearifan lokal seperti memanfaatkan daun-daun yang
berada di kawasan obyek wisata Kaliniti.

Ibu-ibu yang mengikuti pelatihan begitu antusias dalam membuat batik ecoprint karena sebelumnya mereka juga belum pernah membuat batik ecoprint.

Setelah kegiatan tersebut dilakukan, kami juga mengajak anak-anak dari ibu-ibu yang mengikuti pelatihan untuk menanam tanaman papaya yang nantinya daunnya bisa dijadikan bahan sebagai motif untuk batik ecoprint.

Kami juga mengadakan kegiatan sosialisasi pemasaran produk batik ecoprint di shopee dan juga instagram, selain itu kami juga melakukan sosialiasi mendesain pengemasan produk dengan canva agar lebih menarik.

Hasil dari kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk
melestarikan dan mengembangkan potensi kearifan lokal dan batik ecoprint yang dibuat bisa dijadikan sebagai batik khas dari obyek wisata Kaliniti. Kegiatan yang kami laksanakan tentunya tidak terlepas dari dukungan dosen Pegampu Dr.Rosidah Aliim Hidayat, M. Pd.,Handoyo Saputro, S.Pd., M.Si, dan Zainnur Wijayanto, S.Pd., M.Pd.

Terima kasih kepada mahasiswa Kelas 002 PGG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yaitu Syara Diana Lestari, Novia Damaiyanti,Sadina Ainin Nafi,Wahyu Anggraeni,Zainal Arif Prihanto,Siti Khodija,Dika Afianti,Destiarini Mahardika,Dyah Pratiwi Taqwia dan Devi Nur Mulia N yang telah ikut serta dalam mensukseskan kegiatan acara ini.

Siti Khodija

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Ratusan Kader Dan Pengurus PDI Perjuangan Jabar Sambut Api Perjuangan Dari Mrapen

Foto: Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah H Sumanto menyerahkan Obor Api Perjuangan ke Sekretaris PDI Perjuangan Jawa Barat...

Berita Terkait