BSI Maslahat Raih Penghargaan CSR & PDB Awards 2024

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-BSI Maslahat meraih penghargaan kategori silver untuk program Desa BSI (Bangun Sejahtera Indonesia) di CSR & PDB (Pengembangan Desa Berkelanjutan) Awards 2024. Acara penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) pada Selasa, 7 Mei 2024 di The Westin Hotel, Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar serta Ketua Umum Forum Keberlanjutan Sosial Indonesia (ISSF), Sudarmanto, kepada Direktur Empowerment & Education BSI Maslahat, Rusdi Musa Ishak. Hadir juga dalam acara ini Wakil Presiden RI, Bapak Ma’ruf Amin.

Program Desa Berdaya Sejahtera Indonesia: “Petani Tangguh Ekonomi Ampuh” memperoleh kategori Silver dengan bobot penilaian 82,66. BSI Maslahat dinilai telah berkomitmen dalam Percepatan Pembangunan Desa dan Pencapaian SDGs Desa melalui program Desa BSI.

Penganugrahan CSR dan PDB Award 2024 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan, lembaga non-pemerintah, dan perorangan atas jasa mereka dalam membantu percepatan pembangunan desa melalui pelibatan dan pengembangan BUM Desa/BUMDes maupun kegiatan CSR lainnya. Penghargaan ini diberikan tiap tahun dan tahun ini merupakan tahun ketiga yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan ISSF sesuai dengan MoU yang ditandatangani bersama pada akhir tahun 2021.

Program Desa BSI merupakan program pengembangan ekonomi desa melalui penguatan sumberdaya ekonomi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendayagunakan dana ZISWAF. Program ini difokuskan pada pengembangan usaha pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar melaporkan bahwa pemerintah telah merancang kebijakan eksploratif untuk pengembangan BUMDesa dengan mensinergikan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Asosiasi BUMDesa, dan Perguruan Tinggi. Ia berharap upaya ini dapat memajukan tingkat hidup masyarakat khususnya melalui aspek ekonomi.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan, sesuai arahan Presiden, perusahaan negara dan swasta yang beroperasi di desa-desa diminta untuk dapat menyertakan BUMDes dan BUMDesma dalam aktivitas bisnisnya agar ekonomi desa melaju lebih cepat. Pelibatan BUMDes dan BUMDesma merupakan bentuk dukungan konkret dalam menghadapi tantangan global, salah satunya tentang isu keberlanjutan lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan CSR & PDB Awards 2024 terdiri dari BUMN dan swasta dari berbagai sektor seperti pertambangan, minyak dan gas, pembangkit listrik, industri dan manufaktur, telekomunikasi, perkebunan, perbankan, real estate, dan asuransi. Dari total 92 perusahaan, 1 mitra kerja perusahaan, dan 10 perorangan, terdapat 55 program CSR kategori Gold, 6 kategori Excellent untuk perorangan (kategori tertinggi), 58 Silver untuk kategori program, dan 4 Outstanding untuk kategori perorangan. Sisanya adalah 3 Bronze dan 3 kategori Apresiasi untuk kategori program CSR.

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perkokoh Kemanunggalan, Babinsa Koramil Kuala Kencana Bersama Warga Kerja Bakti Pasang Paving Block Di Halaman Masjid

KORANBOGOR.com,TIMIKA-Bertempat di Kampung Wangirja sp.9 Distrik Iwaka,Kab.Mimika,Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Koptu Johansyah bersama warga masyarakat melaksanakan kerja bakti pasang...

Berita Terkait