Rektor UMB Sampaikan 3 Pesan Penting soal Kepemimpinan Dihadapan Wisudawan

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., menyampaikan pesan penting dalam sambutan pada acara Wisuda Diploma LVI, Sarjana LX, Magister XLVII, & Doktor VII Tahun Akademik 2023/2024, pada Rabu (8/5) di Tangerang Selatan, Banten. 

Di depan ribuan peserta wisuda dan undangan, Prof. Andi mengatakan pembelajaran bukanlah hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang pengembangan nilai-nilai yang mendalam.

Integritas, etika, dan empati adalah tiga pilar yang penting bagi seorang pemimpin karena mereka membentuk landasan moral dan sosial yang kuat dalam pengambilan keputusan dan interaksi dengan orang lain.

Hal itu disampaikan dalam pidato bertema “Menciptakan Generasi Pemimpin: Pendidikan Berkualitas untuk Industri & Inovasi yang Berkelanjutan”, profesor peneliti Robot Humanoid ini, menyoroti pentingnya inovasi dan adaptasi dalam menghadapi perubahan cepat dalam dunia saat ini. 

“Mahasiswa didorong untuk tidak hanya merangkul ide-ide baru, tetapi juga untuk berani menantang status quo dalam mengejar cita-cita mereka, apakah setelah lulus nanti melanjutkan studi, memasuki dunia kerja atau bahkan memulai usaha sendiri,” kata Andi.

Sebagai lulusan UMB ,Prof. Andi mengingatkan para wisudawan bahwa mereka bukan hanya menjadi duta dari institusi tetapi juga agen perubahan di masyarakat. 

“Saudara didorong untuk menggunakan pendidikan dan keahlian yang dimiliki guna mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan disrupsi teknologi,” tegas Prof. Andi.

Prof. Andi juga memaparkan berbagai prestasi yang dicapai perguruan tinggi yang dipimpinnya, baik sebagai institusi maupun oleh para sivitas akademikanya, seperti dosen dan mahasiswa, di antaranya; Universitas Mercu Buana meraih peringkat ke-4 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di DKI Jakarta dan peringkat ke-7 di Indonesia The Wur 2024. 

Universitas Mercu Buana juga meraih peringkat terbaik ke-3 Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah LLDIKTI III berdasarkan skor publikasi Sinta Tertinggi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, pada Program Sarjana atau S-1, berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul dari Lamemba (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) serta Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, berhasil mendapatkan Akreditasi Internasional dari IABEE dalam disiplin Civil and Similiary – named Engineering Program. 

Termasuk juga Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, pada Program Sarjana atau S-1, berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul dalam Program Keteknikan Persatuan Insinyur Indonesia, sedangkan pada Program Studi Teknil Sipil pada Program Magister berhasil mendapatkan Akreditasi Baik Sekali dan Universitas Mercu Buana meraih peringkat ke-5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di DKI Jakarta versi Unirank 2024, peringkat ke-2 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terpopuler di Facebook dan peringkat ke-5 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terpopuler di Instagram.

Sedangkan pada tingkat mahasiswa yang paling menonjol antara lain adalah tiga mahasiswa Universitas Mercu Buana berhasil diterima dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024, yaitu, Willyn Angeline dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi D3 Manajemen (2022), diterima di Prince of Songkla University, Thailand, Dinda Fatimah K, Fakultas Ilmu Komputer, program studi Teknik Informatika International Class Strata-1 (2021), University of Siena, Italia dan Dhani Amanda Putra dari Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika International Class Strata-1 (2021), University of Padua, Italia.

Adapun Universitas Mercu Buana mewisuda 2.309 mahasiswa/i yang terdiri dari berbagai jenjang program studi yang terbagi dalam dua sesi pagi dan siang. 

Acara tersebut dihadiri oleh para Anggota Senat universitas dan tamu undangan lainnya; Taufan Setyo Pranggono, S.Kom., M.Si, Ketua Tim Anti Dosa Pendidikan dan Integritas Akademik dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, dan Prof. Dr. Didik J. Rachbini, Rektor Universitas Paramadina, yang juga mantan Direktor Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait