Penghargaan Bergengsi untuk BSI Maslahat, Meraih Golden Trophy di Top CSR Award 2024

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-BSI Maslahat meraih tiga penghargaan yaitu Top Leader on CSR Commitment 2024,Golden Trophy,dan Top CSR 2024 bintang 5 pada TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business pada Rabu, 29 Mei 2024 di Hotel Raffles Jakarta. 

TOP CSR Award 2024 mengambil tema “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth”. Tema ini ditentukan untuk mendorong keberlanjutan bisnis, tidak hanya fokus pada angka, namun juga keberlanjutan lingkungan.

Tahun ini, BSI Maslahat meraih TOP CSR 2024 bintang 5 artinya sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR BSI Maslahat berada di level excellent, untuk mendukung strategi bisnis mitra kerja BSI Maslahat dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Pengelolaan CSR oleh BSI Maslahat, dinilai layak dijadikan benchmark atau contoh bagi perusahaan lainnya. 

Dalam TOP CSR Awards 2024 BSI Maslahat menampilkan program unggulan yaitu program Desa. Desa BSI memiliki goal untuk mendorong optimalisasi pertanian dari hulu ke hilir, memaksimalkan pendapatan petani dengan jenis bisnis yang bertambah melalui produksi barang jadi dan pengelolaan limbah hasil produksi.

Selain itu, sebagai program CSR dengan mitra kerja Bank Syariah Indonesia, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan utilisasi produk perbankan untuk meningkatkan skala bisnis, yang  tadinya petani  unbankable  menjadi  bankable, yang mempermudah transaksi lebih luas dan memudahkan kemitraan dengan Bank.

Selain pertanian, Desa BSI juga fokus pada pengembangan cluster usaha Peternakan, Perikanan dan Perkebunan. Menyasar untuk mendorong ketercapaian Sustainable Development Goals Desa, Indikator desa 8, yaitu: desa tanpa kemiskinan dan secara tidak langsung mendorong desa tanpa kelaparan. Saat ini terdapat 20 desa yang dibina BSI dan BSI Maslahat di seluruh Indonesia.

Desa BSI yang kali ini diperkenalkan dalam Top CSR award 2024, yaitu Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Desa ini memiliki bentangan alam yang indah terdiri dari panorama pegunungan, sungai dan persawahan yang sangat eksotis. Dengan luas wilayah 1.662 Ha, 520 – 1350 m diatas permukaan laut yang terbagi dalam 5 (lima) dusun.

BSI Maslahat mengimplementasikan program pertanian berkelanjutan dengan penggunaan pupuk organik, tidak menggunakan pestisida pada aspek hulu, ditambah pengembangan bisnis kelompok untuk meningkatkan mata pencaharian dengan pengembangan industri pengolahan hasil panen pada aspek hilir, memberikan fasilitas pendukung berupa RMU (rice milling unit) sejak Mei 2023 yang dikelola oleh kelompok tani yang memproduksi komoditas siap jual pada end user dalam bentuk produk beras siap jual organik, produk dari sisa produksi dan penjualan langsung melalui platform digital. 

M. Misbahul Munir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BSI Maslahat memiliki 3 pilar program utama, yakni Didik Umat, Mitra Umat, dan Simpati Umat.  “Didik Umat dengan program unggulannya BSI Scholarship. Kini sudah ada sekitar 5000 mahasiswa dan pelajar dari 80 lebih perguruan tinggi yang sudah menerima beasiswa BSI Scholarship.

Kedua, program Mitra Umat dengan program unggulan Desa BSI, dengan misi utamanya adalah untuk mengentaskan kemiskinan, transformasi mustahik menjadi muzakki. Dan yang terakhir adalah pilar program Simpati Umat, yang fokus pada bencana, kesehatan dan sosial. Dalam penanggulangan bencana, BSI Maslahat berusaha semaksimal mungkin hadir di daerah-daerah tertimpa bencana untuk membantu para penyintas” jelasnya. 

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

Caption Foto – Penghargaan Bergengsi untuk BSI Maslahat, Meraih Golden Trophy di Top CSR Award 2024

BSI Maslahat meraih tiga penghargaan yaitu Top Leader on CSR Commitment 2024,Golden Trophy, dan Top CSR 2024 bintang 5 pada TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business pada Rabu, 29 Mei 2024 di Hotel Raffles Jakarta. TOP CSR Award 2024 mengambil tema “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth”. Tema ini ditentukan untuk mendorong keberlanjutan bisnis, tidak hanya fokus pada angka, namun juga keberlanjutan lingkungan.
Tahun ini, BSI Maslahat meraih TOP CSR 2024 bintang 5 artinya sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR BSI Maslahat berada di level excellent, untuk mendukung strategi bisnis mitra kerja BSI Maslahat dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Pengelolaan CSR oleh BSI Maslahat, dinilai layak dijadikan benchmark atau contoh bagi perusahaan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait