4 Manfaat Jalan Kaki Lebih Dari 10.000 Langkah Sehari

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga paling sederhana namun efektif. Ini adalah aktivitas yang dilakukan setiap hari. Namun tahukah kamu bahwa berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah sehari dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan? Dilansir Times of India, berikut adalah beberapa keuntungan mengejutkan dari jalan kaki.

1. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru secara signifikan, sehingga dapat menghirup lebih banyak oksigen setiap kali bernapas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cardiopulmonary Rehabilitation and Prevention, jalan kaki memperkuat otot pernapasan, meningkatkan ventilasi, dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Peningkatan kapasitas paru-paru ini dapat menghasilkan daya tahan yang lebih baik selama aktivitas fisik dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung Salah satu manfaat jalan kaki yang paling signifikan adalah dampak positifnya terhadap kesehatan jantung. BACA JUGA:  

3 Suplemen Terbaik dengan Manfaat Anti-penuaan Penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa berjalan kaki minimal 10.000 langkah sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%.

Berjalan kaki secara teratur membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan sirkulasi, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung.

3. Mengurangi risiko stroke pada wanita Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke menemukan bahwa wanita yang berjalan 10.000 langkah atau lebih setiap hari memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang berjalan lebih sedikit.

Para peneliti mengamati lebih dari 13.000 wanita selama satu dekade dan menemukan bahwa mereka yang lebih banyak berjalan kaki memiliki risiko 21% lebih rendah terkena stroke.

Jalan kaki membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi penumpukan plak di arteri, yang semuanya berkontribusi pada penurunan risiko stroke.

4. Mengurangi risiko diabetes Jalan kaki adalah cara sederhana namun efektif untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia menemukan bahwa berjalan kaki 10.000 langkah sehari dapat menurunkan risiko diabetes secara signifikan.

Para peneliti mengamati lebih dari 2.000 orang selama 10 tahun dan menemukan bahwa mereka yang lebih banyak berjalan kaki memiliki risiko 50% lebih rendah terkena diabetes dibandingkan mereka yang kurang aktif.

Jalan kaki membantu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, dan menjaga berat badan yang sehat, yang semuanya merupakan faktor penting dalam pencegahan diabetes. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait