Kualitas Udara Jakarta Semakin Memburuk, Berikut Langkah Tepat Kurangi Peningkatan Polusi Menurut AirGradient

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Saat ini, kualitas udara di Jakarta sedang dalam kondisi tidak sehat hingga tergolong buruk. Penduduk Jakarta kini sedang menghirup udara yang mengandung polutan berbahaya melebihi batas aman yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

Berdasarkan data WHO, pada tahun 2019, 99% populasi dunia hidup di wilayah yang tidak memenuhi pedoman kualitas udara WHO.

Dampak gabungan dari polusi udara di dalam ruangan dan di ruang terbuka pun dikaitkan dengan 6,7 juta kematian dini setiap tahunnya. Polusi udara di luar ruangan saja diperkirakan menyebabkan 4,2 juta kematian dini di seluruh dunia pada tahun 2019. 

Melihat data dari Air Quality Life Index (AQLI), tercatat bahwa di tahun 2021 saja angka polusi udara dilihat dari konsentrasi partikel halus atau dikenal dengan PM2.5 di wilayah kota Jakarta berada di angka 29.67µg/m3.

Angka ini mencapai sekitar 6 kali lipat lebih tinggi dari angka yang dianjurkan WHO. Berdasarkan data ini, maka bisa disimpulkan di tahun 2021 saja rata-rata orang Jakarta diperkirakan dapat kehilangan 2,5 tahun dari usia akibat kualitas udara tidak memenuhi ambang aman sesuai pedoman WHO untuk konsentrasi PM2.5.

“Dalam memerangi polusi udara, kita sering melupakan pentingnya untuk memantau dan mengetahui kondisi kualitas udara saat ini. Memahami level dan kondisi udara yang kita hirup adalah langkah awal yang sangat penting untuk memungkinkan kita mengambil keputusan lebih lanjut yang efektif.

Disinilah kami hadir menjadi solusi dalam membantu mengisi kesenjangan tersebut. Data yang tercatat oleh monitor kami bisa memberikan wawasan yang kemudian penanggulanganya dapat ditindaklanjuti setiap individu maupun masyarakat luas” kata Achim Haug, CEO dan Founder AirGradient.

Secara umum, meminimalisir paparan terhadap polusi adalah tindakan yang biasanya dilakukan, seperti menggunakan masker dan berinvestasi dalam pembersih udara. Meskipun langkah perlindungan tersebut bermanfaat tapi tidak dapat menyelesaikan masalah dari sumbernya.

Untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan, berikut adalah langkah-langkah kunci menurut AirGradient yang dapat dilakukan tiap individu untuk berkontribusi mengurangi penambahan polusi udara:

  1. Pilih transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki untuk perjalanan sehari-hari

Ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan. Gunakan layanan ride-sharing atau kendaraan listrik sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan pribadi berbahan bakar bensin atau solar.

  1. Hemat Energi di Rumah

Gunakan peralatan elektronik yang hemat energi. Ini akan menghemat konsumsi daya dan tentunya tagihan listrik Anda.  Pilihlah lampu LED yang memiliki usia pakai lebih lama dan lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar. Terakhir, pertimbangkan penggunaan panel surya atau sumber energi terbarukan lainnya. Hal ini akan mengurangi emisi karbon dan berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

  1. Konsumsi Cerdas dan Berkelanjutan

Dalam berbelanja, pilihlah produk dengan kemasan minimal dan hindari produk yang berlebihan dalam pembungkusnya. Hal ini membantu mengurangi sampah plastik dan menjaga kelestarian lingkungan. Dukung usaha lokal dan produk ramah lingkungan dengan membeli produk lokal dan berkelanjutan. Ini membantu perekonomian lokal sekaligus meminimalisir emisi karbon dari proses transportasi. Kurangi konsumsi secara keseluruhan untuk meminimalisir permintaan terhadap produk yang membutuhkan banyak sumber daya dalam proses produksinya. Konsumsilah secukupnya dan hindari pemborosan.

  1. Advokasi Pentingnya Mengurangi Pencemaran Udara

Kita dapat memulainya dengan menyebarkan informasi tentang polusi udara dan risiko kesehatannya melalui percakapan, media sosial, dan jangkauan komunitas. Mengajak orang lain untuk mengadopsi praktik sustainability dan mendukung inisiatif udara bersih. Advokasi juga dapat dilakukan dengan mendukung peraturan kualitas udara yang lebih ketat dan investasi dalam teknologi bersih. Anda dapat membantu dengan mendukung organisasi lokal atau nasional yang bekerja pada solusi udara bersih. Setiap pilihan, sekecil apa pun, berkontribusi pada dunia kita. Dengan memilih keberlanjutan, mengurangi emisi, dan menuntut udara bersih, setiap individu menciptakan impact perubahan untuk masa depan yang lebih sehat bagi semua generasi.

Sebagai perusahaan yang mempionirkan open-source dan open-hardware air quality monitors, AirGradient merasa bahwa memiliki akses terhadap data kualitas udara yang akurat memungkinkan setiap orang untuk membuat pilihan yang tepat tentang jejak lingkungan mereka dan melindungi kesehatan mereka. Dengan menciptakan teknologi open air quality monitors untuk indoor dan outdoor, AirGradient berharap setiap individu memiliki akses data kondisi udara yang real-time dan jauh lebih akurat. 

Selain itu, AirGradient bekerja sama dengan OpenAQ, sebuah organisasi global non-profit to untuk menyediakan solusi pemantauan kualitas udara yang akurat, terbuka, dan terjangkau bagi orang-orang di seluruh dunia. Seluruh data dari berbagai lokasi dimana monitor kualitas udara milik AirGradient ini berada akan diintegrasikan ke dalam Platform OpenAQ, sehingga publik secara umum dapat memiliki wawasan tentang kondisi kualitas udara di dunia, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Tentang AirGradient

AirGradient adalah pionir open air quality monitor (monitor kualitas udara) yang akurat untuk di dalam (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Didorong oleh semangat untuk udara yang lebih bersih dan tanggung jawab lingkungan, AirGradient menyediakan monitor kualitas udara yang terjangkau dan saat ini diakses dan dimiliki oleh lebih dari 15.000 pengguna di lebih dari 75 negara. AirGradient berkomitmen untuk memberdayakan setiap individu untuk memahami dan mampu mengendalikan kualitas udara mereka serta memberikan dampak positif pada lingkungan global. Pendekatan open yang dimaksud dengan open-source dan open-hardware milik  AirGradient ini, memungkinkan setiap pengguna untuk merakit, memodifikasi, menyesuaikan, hingga mengoperasikan monitor kualitas udara mereka sendiri. AirGradient bermitra dengan OpenAQ, 25+ lembaga penelitian dari universitas terkemuka di dunia, dan berbagai organisasi lingkungan untuk mengadvokasi kualitas udara. AirGradient adalah anggota gerakan 1% for the Planet dan menyumbangkan 1% dari penjualan untuk organisasi perlindungan lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut, wawancara, atau pertanyaan media, silakan hubungi:

Yohana Angeline Far Far | Communications and Community Engagement Manager AirGradient | yohana.angeline@airgradient.com

Yohana Angeline Far Far

Communications & Community Engagement Manager 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait