Ganjar Pranowo Ajak Anak Muda Ikuti Bung Karno Yang Tak Bicara Kepentingan Keluarga

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Mantan Calon Presiden Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengajak para generasi muda untuk belajar dari tokoh pendiri bangsa yakni Soekarno yang tidak pernah berbicara kepentingan pribadi maupun keluarga dalam proses perjuangan mendirikan maupun memimpin Republik Indonesia.

Menurutnya yang Bung Karno bicarakan selama mengurus tanah air hanya soal kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, dia mengajak agar semangat api yang dilakukan oleh Bung Karno tetap diwariskan oleh para pemuda, dan jangan justru mewarisi abunya.

“Apinya api perjuangan, tidak pernah menyerah tidak pernah takut,” kata Ganjar usai mengikuti lomba marathon Soekarno Run di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Adapun Ganjar turut mengikuti lomba marathon yang digelar oleh PDI Perjuangan tersebut dengan berlari sejauh 5 kilometer, bersama ribuan peserta lainnya.

Dia pun memaknai lomba tersebut bukan sebatas olah raga saja, melainkan juga merupakan lomba yang memiliki semangat Bung Karno yang tetap tidak pernah berhenti berjuang walaupun harus lari dari sebuah proses politik bangsa yang tidak mengenakan.

“Dia dipenjara, dia dibuang, dan Soekarno tidak pernah berhenti,” kata Mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Dia pun merasa bahwa saat ini kondisi bangsa pun sedang tidak baik-baik saja. Maka dia mengajak para pemuda dan masyarakat pada umumnya untuk meluruskan sesuatu yang bengkok dengan membawa semangat yang dikobarkan oleh Bung Karno.

Ganjar bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto turut mengikuti lomba lari marathon 5 kilometer bertajuk “Soekarno Run” yang termasuk ke dalam rangkaian kegiatan Festival Bulan Bung Karno.

Kegiatan marathon yang digelar oleh PDIP itu mengelilingi kompleks GBK. dimulai dari area Plaza Parkir Timur dan berakhir di tempat yang sama. Kegiatan itu diprediksi diikuti oleh sekitar 9.000 orang.

“Ternyata peminatnya banyak sekali. Semula hanya dirancang sekitar 2 ribu orang, tetapi yang mendaftar sudah lebih dari 9 ribu orang,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Marathon tersebut dimulai dari sekitar pukul 15.57 WIB setelah Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengibarkan bendera dimulainya perlombaan. Hasto beserta publik figur lainnya, salah satunya Anggota DPR RI Krisdayanti, memulai marathon dari barisan yang paling depan.

Sementara, Ganjar mengikuti lomba marathon dengan berada di barisan paling belakang, namun baik Hasto dan Ganjar menyelesaikan marathon dengan waktu yang hampir bersamaan, yakni sekitar 25 menit.

PDIP menggelar festival kopi, Soekarno Run, hingga festival musik di Gelora Bung Karno (GBK) pada Puncak Bulan Bung Karno 2024, pada 30 Juni 2024.

Puncak Peringatan Bulan Bung Karno tersebut juga telah dimeriahkan oleh seluruh jajaran pengurus partai di seluruh Indonesia selama satu bulan penuh melalui berbagai kegiatan kreatif dan inovatif untuk anak-anak muda.

Bulan Juni menjadi Bulan Bung Karno karena beberapa momen penting dalam hidup Soekarno itu terjadi pada bulan Juni, dimulai dari tanggal 1 Juni pada hari lahirnya Pancasila, 6 Juni kelahiran Presiden RI Pertama Soekarno atau Bung Karno, dan 21 Juni yang bertepatan dengan wafatnya Bung Karno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait