BSI Maslahat Raih Dua Penghargaan Gold Dalam Acara Bina Mitra UMKM Award 2024

Harus Baca

KORANBOGIOR.com,JAKARTA-BSI Maslahat meraih dua penghargaan Gold untuk dua kategori yaitu Pembina UMKM dan UMKM Binaan pada Bina Mitra UMKM Award 2024 yang di inisiasi CFCD Foundation (Yayasan CFCD) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan UKM pada Sabtu, 29 Juni 2024 di Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro; dan Direktur Empowerment and Education BSI Maslahat, Rusdi Musa Ishak.

Award ini bertujuan memberikan penghargaan kepada perusahaan/lembaga/organisasi pembina UMKM dan pelaku UMKM yang telah berupaya “naik kelas”. Kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada Pendamping UMKM di lembaga, yang telah berkontribusi dan ikut berperan dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Program UMKM BSI Maslahat bertujuan memperkuat UMKM melalui pemberian modal usaha, peningkatan kapasitas, pendampingan, coaching intensif, dan penguatan manajerial. Program ini membagi sasaran menjadi dua kategori: ultra mikro/individu dan usaha klaster/kelompok.

Dalam penghargaan Bina Mitra UMKM Award 2024, program UMKM BSI Maslahat yang diangkat adalah CV Kreasi Laut Indonesia dengan Brand Tambakmi yang memberdayakan pemuda desa melalui budidaya udang dengan sistem bioflok yang ramah lingkungan. UMKM ini merupakan local heroes yang berhasil meningkatkan pendapatan dari penerima manfaat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan juga oleh masyarakat sekitar.

Dengan bantuan program yang diberikan sebesar Rp750 juta, rata-rata omzet per siklus panen mencapai Rp196 juta dengan total produksi 3 ton udang per siklus. Program ini mampu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 50%.

Direktur CFCD Foundation sekaligus Ketua CFCD Indonesia Thendri Supriatno menyampaikan penghargaan ini baru pertama kali diadakan untuk mengapresiasi perusahaan atau lembaga dalam proses pengembangan UMKM yang menjadi binaannya lebih mandiri, produktif, dan mendukung perekonomian lokal dan global.

“Thendri mengatakan apresiasi diberikan kepada perusahaan atau lembaga sebagai pembina atau mitra atas usahanya untuk maju dan berkembang. Termasuk juga kepada para pendamping pembina yang telah mengawal secara langsung, mengkoordinir, dan bekerja sama dalam proses tumbuh kembang UMKM untuk naik kelas,” kata Thendri.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Penguatan Kemampuan Industri Dalam Negeri, Ignatius Warsito menyampaikan sektor UMKM merupakan salah satu penggerak industri manufaktur. “Untuk memperkuatnya diperlukan penguatan bisnis, rantai pasok dan kolaborasi antar lembaga,” kata Ignatius.

Malam penganugerahaan ini juga dimeriahkan dengan bazar UMKM peserta Bina Mitra UMKM Award 2024 di teras Aula Binakarna, Hotel Bidakara, acara bincang-bincang dengan tema ‘Meningkatkan Kualitas, Daya Saing Produk, dan Peningkatan Perekonomian Nasional’ bersama para praktisi yang bekerja untuk pengembangan ekonomi mikro dan juga perusahaan selaku narasumber.

Melalui kegiatan penghargaan ini, BSI Maslahat berharap bisa memiliki supply chain yang baik, serta dapat berkontribusi lebih besar dalam peningkatan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja untuk memperkuat struktur perekonomian nasional.

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

Tentang BSI Maslahat

Didirikan pada tanggal 21 November 2001 dengan nama Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) lalu secara resmi bergantilogo dan nama pada tahun 2022 menjadi Yayasan Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) sebagai upaya memperkuat kemitraandengan mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat,lnfaq,Sedekahdan Wakaf) serta donasi sosial dan CSR dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan.

Dalam aktifitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat derajatkehidupan yang lebih baik lagi.

Di bidang pendidikan, BSI Maslahat mempunyai pilar Didik Umat dengan program unggulan yaitu BSI Sociopreneur; BSI Scholarship, SahabatPelajar BSI Maslahat. BSI Maslahat juga mempunyai pilar Mitra Umat yang memiliki program unggulan diantaranya Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) dan berbagi program lainnya, seperti Warteg Mobile. Sedangkan untuk pilar Simpati Umat, BSI Maslahat mempunyaiprogram terkait dengan kebencanaan dan pelayanan kesehatan, yaitu BSI Maslahat Care.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: 

Corporate Communication   

BSI Maslahat

info@bsimaslahat.or.id

Media social: Facebook: BSI Maslahat; Instagram: BSI Maslahat; Youtube: BSI Maslahat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Truk Listrik Fuso eCanter Pertama Diserahkan Kepada Konsumen Yusen Logistic

KORANBOGOR.com,TANGERANG-Yusen Logistic menjadi konsumen pertama truk listrik Fuso eCanter. Penyerahan unit pun langsung dilakukan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian...

Berita Terkait