7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Harus Baca

KORANBOGOR.com-Buah apel telah lama diakui sebagai salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Dari penelitian ilmiah, apel terbukti memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk tubuh Anda.

Dikenal kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Buah ini tidak hanya memuaskan rasa lapar, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari Medical News Today pada Sabtu (6/7), inilah 7 manfaat mencengangkan dari mengonsumsi apel secara teratur, yang dapat membuat Anda lebih bersemangat untuk menyertakannya dalam pola makan sehari-hari Anda.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah apel, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental seseorang. Tinjauan sistematis pada 2020 mengungkapkan terdapat hubungan positif antara konsumsi buah-buahan dengan kesehatan mental seseorang.

Mengonsumsi buah-buahan, seperti apel dapat mengurangi risiko gangguan kecemasan dan gangguan suasana hati, serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

2.Menurunkan risiko diabetes

    Buah apel dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Penelitian pada 2021 menunjukkan orang yang mengonsumsi buah-buahan utuh, termasuk apel, dalam asupan makanan mereka memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan penyakit diabetes tipe 2 dalam tubuh mereka.

    Faktor utama yang dikaitkan adalah kandungan serat dalam apel, yang diketahui dapat membantu mengatur kadar gula darah.

    Selain itu, apel juga merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin dan antioksidan, yang dapat mendukung kesehatan secara umum dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes.

    1. Menurunkan risiko kanker

    Buah apel dapat membantu menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker. Apel mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

    Sebuah meta-analisis pada 2016 menunjukkan mengonsumsi buah apel dapat berhubungan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.

    Selain itu, berdasarkan meta-analisis pada 2018, kandungan serat dalam apel juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker usus.

    4.Menurunkan risiko stroke

    Mengonsumsi buah apel dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena stroke berkar nutrisi penting yang dimilikinya. Apel merupakan sumber serat yang baik, di mana ini dapat membantu mencapai asupan serat harian yang dianjurkan.

      Selain itu, tinjauan penelitian pada 2017 mengungkapkan orang yang mengonsumsi serat dalam jumlah banyak cenderung memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa kondisi, termasuk penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke.

      1. Menurunkan kadar kolesterol

      Studi pada 2019 mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua buah apel mentah setiap hari selama periode 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol pada individu yang sehat.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek menurunkan kolesterol ini tidak terjadi ketika orang mengonsumsi jus apel yang jernih.

      Para peneliti menyimpulkan bahwa efek penurunan kolesterol dari mengonsumsi apel, terutama dapat disebabkan oleh kandungan serat di dalamnya.

      Serat adalah komponen penting dalam apel yang membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membantu dalam proses pengeluarannya.

      1. Meningkatkan kesehatan jantung

      Apel, mengandung beberapa komponen penting seperti serat, vitamin C, dan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

      Satu buah apel berukuran sedang dapat memberikan sekitar 11–14% dari kebutuhan serat harian seseorang dan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian.

      Serat dalam apel dapat membantu mengatur tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

      Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan melindungi jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini juga dapat membantu mempertahankan fungsi normal jantung dan pembuluh darah.

      1. Menjaga berat badan tetap stabil

      Buah apel dapat membantu seseorang menjaga berat badan yang stabil. Serat yang terkandung dalam apel dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kecenderungan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

      Studi pada 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi serat pangan dari buah-buahan dan sayuran dapat mendukung proses penurunan berat badan, terutama pada perempuan.

      Selain itu, apel Fuji utuh juga dikaitkan dengan potensi untuk menurunkan kadar lemak seluler, yang dapat memberikan efek anti-obesitas.

      TINGGALKAN KOMENTAR

      Silakan masukkan komentar anda!
      Silakan masukkan nama Anda di sini

      Berita Terbaru

      Samsung Siapkan Ponsel AI Masa Depan

      Foto: Samsung Galaxy Z Fold 6 (Istimewa) KORANBOGOR.com-Galaxy AI menjadi salah satu fitur andalan yang dibawa perangkat terbaru Samsung, termasuk...

      Berita Terkait